Bangkitkan Koprasi Lewat Mahasiswa

Berandakota.com, Surabaya – Pelantikan Ketua dan pengurus Koperasi Pemuda Indonesia (KOPINDO) Koordinator Wilayah Jawa Timur Periode 2018-2020 digelar Selasa (27/3/2018) di Gedung Aula Lt. 5 Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

Dalam Pelantikan tesebut selan di hadiri oleh Ketua umum KOPINDO Pusat, Pendi Yusup, juga dihadir oleh Kepala Dinas Koperasi dan Ukm Jatim, Mas Purnomo Hadi, Dewan Koperasi Pimpinan Wilayah Jatim, serta perwakilan Setia Budhi Wanita (SBW) Malang.

Ketua Umum KOPINDO Pusat Pendi Yusup mengatakan untuk saat kepercayaan Masyarakat Jatim terhadap Koprasi ini saat sangat menurun. Karena Koperasi sekarang bukan lagi dikenal sekelompok orang yang mengelolah simpan pinjam,” melainkan sekelompok orang yang membawa lari uang,” ungkapnya.

Maka itu, lanjut Pendi, kalangan Mahasiswa harus mampu menepis isu miring semcam itu dimata publik dan bisa membangkitkan dan mengembalikan kepercayaan publik terhadap Koprasi.

“ Mahasiswa harus melakukan Re-branding (perubahan) tata kelolah berinovatif yang sekiranya mampu menarik kepercayaan publik kembali,” terang Pendi.

Menurut Pendi, harus disadari Koperasi Mahasiswa ini sangatlah berbeda dengan Koperasi diluar rana kampus, “ dikarenakan Koperasi Mahasiswa lebih bersifat komplikatif,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Ukm Jatim, Mas Purnomo Hadi Pada sambutannya, menekankan kepada setiap pemuda khususnya Mahasiswa agar lebih aktif dan inovatif dalam Perkoperasi. “ Mahasiswa ini harus lebih aktir dan mampu berinivasi dalam mengembangkan koprasi,” ungkapnya .

Purnomo Hadi juga menerangkan, hasiswa harus mampu membawa kesadaran masyarakat terhadap koprasi. Bahakan ia mengatakan, pihaknya sangat keterbukaannya kepada semua pihak yang ingin mengetahui dan fokus dalam perkoperasian maupun kewirausahaan.

“ Jika ingin tahu masalah perkorasian dan ingin belajar, bisa mengunjungi kantor Dinas Koperasi dan Ukm Jatim yang berkediaman di Jalan Raya Juanda No. 22, Sawotratap, Gedangan, Semambung, Gedangan, Surabaya, Jawa Timur,” terangnya.

Menanggapi problematika seperti itu, Ketua KOPINDO Jawa Timur yang baru dilantik, Budiyanto menerangkan, pihaknya siap untuk menghadapi tantangan ini kedepan, dirinya bersama pengurus akan langsung melakukan agenda yang menjadi prioritas KOPINDO Jatim.

“ Kami akan tingkatkan kualitas kelembagaan berbasis IT (Ilmu Tekhnologi), kualitas Sumber Daya Manusia dalam penyusunan standardisasi pendidikan perkoperasian, dan peningkatan usaha melalui integrasi keanggotaan Koperasi,” ungkap Mahasiswa Semester 8 ini. Luk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *