Gudang Jamu Ilegal Di Sidoarjo Digerebek

Berandakota.com, Sidoarjo – Balai Besar POM Surabaya bersama Satreskrim Polresta Sidoarjo menggerebek gudang produksi pembuatan jamu ilegal dikawasan Desa Singopadu Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Diduga, pabrik jamu tanpa dilengkapi surat-surat perijinan berbahan kimia.

Petugas BBPOM bersama petugas Kepolisian tiba dilokasi sejak sore sekitar pukul 17.00 Wib. Petugas langsung melakukan pemeriksaan terhadap pembuatan jamu ilegal yang diduga sudah lama berproduksi.

Kasie Penyidikan Balai Besar POM Surabaya, Siti Amanah mengatakan pengerebekan dilakukan atas adanya informasi dari masyarakat yang diduga berbahan kimia. Bukan tidak mungkin, sehabis mengkonsumsi jamu tersebut, sebagian besar mereka mengalami pembengkakan di bagian wajah hingga mengalami pembibitan di Perut.

“Hasil pengamatan kami, pembuatan jamu ini berbahan campuran (oplosan). Meski begitu, pihaknya masih belum bisa memastikan bahan dasar yang digunakan pemilik dalam memproduksi jamu ilegal tersebut.

“Informasi dari pegawai, jamu ini dibedakan menjadi jamu manis dan jamu pahit,” katanya.

Tak hanya itu, pembengkakan pada wajah dan perut disinyalir adanya ketidaksesuaian takaran bahan kimia. Sehingga berpengaruh pada kesehatan konsumen. “Kita enggak tahu ditambah berapa dosisnya. Dan juga tidak disertai resep dokter bagi yang meminumnya. Sehingga berdampak pada kesehatan,” tegasnya.

Untuk selanjutnya, pihaknya masih melakukan pendalaman dengan mengambil beberapa sample untuk dilakukan uji laboratorium terkait kandungan yang ada didalamnya. Hingga berita ini dimuat, petugas tengah melakukan pemeriksaan dilokasi pabrik jamu ilegal. SH11

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *