IKA Unesa Gelar Seminar Pendidikan Daerah Tertinggal

Berandakota.com, Surabaya – PPG Unesa Bekerjasama Ikatan Alumni (IKA) Unesa menggelar Seminar Pendidikan Nasional dengan tema “Pendidikan Daerah Tertinggal di Jawa Timur”, bertempat di Auditorium LP3M Lantai 9 Kampus Unesa Lidah Wetan Surabaya. Sabtu (26/5/2018).

Hadir sejumlah tokoh sebagai narasumber diantaranya, Kresna Herlambang, S.H, M.Pd, H.M Jupri Riyadi, S.Pd, SH, Dr. Fathor Rahman, M.Pd, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd, Drs. Isa Ansori, M.Si, dan Moch Eksan (anggota Komisi E DPRD Jatim).

Moch Eksan menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jatim harus memfokuskan pembangunan pendidikan di Kabupaten Sampang, karena Sampang mengalami ketertinggalan dalam segi pendidikan.

“Pendidikan di Sampang, rata-rata lama sekolah, angka melek huruf, dan angka partisipasi kasar di bawah Propinsi,” jelas Eksan.

Selain Kabupaten Sampang, tiga Kabupaten lain yang masuk kategori Daerah tertinggal di Jatim adalah, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo.

Mantan Komisioner Kabupaten KPU Kabupaten Jember ini menuturkan, berdasarkan pasal 1 angka 3 Peraturan Pemerintah Nomor 78/2014 tentang Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, disebutkan, bahwa daerah tertinggal, adalah daerah kabupaten yang wilayah dan masyarakatnya yang kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain dalam skala nasional.

Jadi, empat kabupaten di Jawa Timur di atas, ditetapkan sebagai daerah tertinggal lantaran dinilai wilayah dan masyarakatnya kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain dalam skala regional dan nasional. Terutama di bidang perekonomian masyarakat, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kemampuan keuangan daerah, aksesibilitas, dan karakter daerah.

Dalam konteks pendidikan, indeks pembangunan pendidikan di empat kabupaten di atas, khususnya menyangkut rata-rata lama sekolah, angka melek huruf, angka partisipasi kasar, memang di bawah rata-rata angka Provinsi. Namun tidak selalu menjadi yang terendah angkanya. (Rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *