Jelang Ramadhan, Satria Nusantara Adakan Pegelaran Pencak Silat

Berandakota.com, Sumenep – Komunitas kesenian Pencak Silat Satria Nusantara adakan Pagelaran Seni Pencak Silat, Selasa malam (24/04/2018), di desa Bragung Guluk-guluk kabupaten Sumenep. Pagelaran ini diadakan rutin mingguan. Kali ini pagelaran diadakan sekaligus sebagai penutupan jelang bulan Ramadhan.

Rausi mengatakan, kesenian pencak silat ini memiliki makna historis dan filosofis. Pagelaran ini menjadi sarana silaturahmi bagi para pegiat seni pencak silat di Sumenep. Selain itu juga menjadi benteng budaya bagi anak muda.

“Pagelaran seperti ini bisa menjadi sarana edukasi bagi pemuda, sehingga mereka tidak terlibat dalam budaya-budaya luar yang bisa merusak moral para generasi muda,” kata Rausi yang juga kader muda NasDem Sumenep ini.

Ketua Perguruan Pencak Silat Satria Nusantara Ahmad Lailiy mengapresiasi keterlibatan NasDem yang ikut melestarikan kesenian tradisional pencak silat yang ada di desa Bragung Guluk-guluk Sumenep.

“Karena bagi saya jarang ada Partai yang mau terlibat atau peduli terhadap kegiatan kesenian yang ada di desa Bragung Guluk-guluk Kabupaten Sumenep,” katanya.

Sementara ketua NasDem Sumenep Tirmidzi mengatakan bahwa pelestarian budaya merupakan bagian dari gerakan restorasi yang diusung NasDem.

“Gerakan yang dilakukan oleh Komunitas Seni Pencak Silat (gul-gul) Satria Nusantara ini menurut saya sejalan dengan gerakan restorasi NasDem,” katanya. (Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *