Kenalkan Sain Pada Anak Lewat Bermain

Berandakota.com, Surabaya – Antusiasme masyarakat dalam menyambut acara ” Indonesia Main Sains” yang dilegar Rumah Sains bersama Komunitas Seduluran Homeschooling. Acara yang digelar di Rumah Pintar Juanda Sidoarjo ini langsung dipadati oleh ratusan peserta dari Surabaya dan Sidoarjo.

Peserta acara tersebut terdiri dari kelompok SD Surabaya dan SD Sidoarjo, anak anak homeschooling, lengkap beserta orang tua dan para pendidik. Yang ikut meramaikan acara tersebut adalah SDN kapasan 5, SDN simokerto 5, SDN Simokerto 6, SDN simolawang, SDN Kedurus, SD Islam Aulia Prambon, Kampung dolanan dan tentu saja dari Komunitas Seduluran Homeschooling Surabaya.

Kesuksesan menghelar acara ini Surabaya dan Sidoarjo dapat menyita perhatian di banyak kota lainnya di Jawa Timur. Acara yang berlangsung lebih kurang 4 jam ini menggandeng Komunitas Seduluran Homeschooling Surabaya. Acara ini dipimpin langsung oleh Kak A Muzi Marpaung, beliau adalah founder dari Rumah Sains ILMA.

Karena berdasarkan survey dari Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK LIPI Bahwa 54 persen dari 1.829 responden di 10 kota besar di Indonesia tidak paham dan tertarik pada Ilmu Pengetahuan Sains, maka dari itu anak-anak Indonesia masih ketinggalan jauh dengan negara lain dan kemampuan literasi, teoritis, dan praktik sain.

“ ILMA akan bersafari keliling kota di Indonesia untuk memberikan pelatihan secara gratis kepada murid SD, Guru, serta Orang tua beraneka ragam permainan sains. Hal ini untuk meningkatkan Sain di Indonesia, dan mencetak para ilmua-ilmuan Indonesia dimasa yang akan datang,” ungkap Erika salah satu Panitia.

Erika melanjutkan, dalam acara nanti para peserta diajak bermain beraneka ragam prinsip dasar Sains dengan media percobaan yang mengasyikkan dan anti jenuh. Permainan nanti bisa terus dipraktikan di rumah bersama orang tua atau teman sepermainan.

“ Dan ini untuk orang tua yang memang memilih jalur pendidikan alternatif berupa pendidikan berbasis keluarga,” terangnya.

Sejauh ini yang Anak anak yang tergabung dalam komunitas Seduluran Homeschooling berjumlah lebih kurang 35 orang yg tetap.

Bahakan Erika tidak menyangka acara ini berlangsung meriah dengan antusias perserta yang luar biasa seperti ini. “ Saya tidak menyangka antusias peserta luar biasa. Adek-adek semangat banget praktek bermainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Yusron Efendi salah satu orang tua peserta mengatakan pendidikan seperti ini sangat diperlukan di dalam Masyarakat sehingga anak-anak bisa mengetahui dan lebih mengenal ilmu pengetahuan. “ acara seperi ini perlu dimasyarakatkan, karena acaranya bagus. Semoga di rumah bisa dipraktekkan,” ungkapnya.

Valter Hermawan, peserta dari Seduluran Homeschooling mengungkapkan, dirinya sangat suka dengan adanya acara ini dan bisa merasakan langsung . “ Saya suka sama Acaranya, soalnya bisa mainan kayak di YouTube,” katanya. Din

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *