Unair Sosialisasikan Aplikasi Uji Hoaks

Berandakota.com, Surabaya – Universitas Airlangga sosialisasikan aplikasi Opinium. Aplikasi mobile ini untuk menguji berita hoaks di dunia maya. Dengan jargon Unggah, Uji, Ungkap aplikasi ini sudah diunduh 1.500 pengguna. Dengan aplikasi ini diharapkan konten sampah di dunia maya bisa berkurang. Saat ini Opinium baru tersedia versi android. Versi IOS dan website sedang dalam pengembangan.

“Opinium Mendorong orang para pencari informasi untuk membaca secara lebih konprehensif. Sehingga kami patut memberi apresiasi setinggi-tingginya,” ujar Rektor Unair Nasih di Aula Amerta Kampus C Unair, Jumat (04/05/2018).

Sementara Sabrang, inisiator Opinium, mengatakan aplikasi ini lahir akibat banyaknya informasi yang beredar tanpa diketahui kebenarannya. Utamanya, informasi yang beredar melalui media sosial, seperti Twitter, Facebook, hingga tersebar di ruang-ruang obrolan aplikasi pengirim pesan.

Noe, sapaan Sabrang, mengatakan aplikasi ini merupakan wahana demokrasi informasi. Semua orang berhak berbicara, tapi semua orang juga berhak menilai satu sama lain antar pengguna.

“Saya harap feedback teman-teman bisa membantu berkembangnya aplikasi ini agar wahana ini semakin baik untuk kita gunakan bersama,” terang Noe yang juga vocalis band Letto. Zul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *