Dinas PUPR Kotamobagu Gelar Sosialisasi Program Pengembangan Sistem Air Limbah Domestik

0 63

BERANDAKOTA – Dalam upaya mengurangi pencemaran air di Kota Kotamobagu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melalui Bidang Cipta Karya menggelar sosialisasi program pengembangan sistem air limbah domestik dalam daerah.

Menurut Kepala Dinas PUPR, melalui Kepala Bidang Cipta Karya Yeyen Yambo, program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sanitasi di wilayah tersebut.

“Tahun ini, rencananya akan dibangun sanitasi skala individual di 6 desa dan kelurahan di 3 kecamatan dengan anggaran Rp18.500.000 per unit,” ungkap Yeyen pada Jumat (3/5/2024).

Total anggaran program ini mencapai Rp 333 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2024. Setiap desa dan kelurahan direncanakan akan dibangun 3 unit sistem, terdiri dari bilik dan pembuangan tangki septic tank individual.

Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pemerintah desa dan kelurahan tentang tahapan dan mekanisme pelaksanaan program ini, dengan harapan dapat mengubah perilaku masyarakat dalam membuang limbah domestik. Dengan demikian, diharapkan cita-cita Pemerintah dalam mengurangi pencemaran di daerah ini dapat terwujud. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.