Pemkot Kotamobagu Gelar Innovative Government Award (IGA) 2024

0 19

BERANDAKOTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Badan Perencanaan Pembangunan Pengembangan dan Penelitian Daerah (Bappelitbangda) kembali menggelar Innovative Government Award (IGA) Tahun 2024. Ini adalah kali kelima acara IGA digelar, dengan tujuan mendorong inovasi di kalangan perangkat daerah dan masyarakat umum.

Acara IGA Tahun 2024 diawali dengan sosialisasi kepada para perangkat daerah, camat, serta kepala desa. Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, pada Selasa, 2 Juli 2024 di Kantor Bappelitbangda Kotamobagu.

Dalam sambutannya, Sekda Kotamobagu Sofyan Mokoginta menyatakan bahwa IGA ini bertujuan mendorong setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun masyarakat umum untuk berpikir lebih kreatif dalam rangka menciptakan inovasi. “Hal ini guna penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dengan lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran,” ujarnya.

Sofyan Mokoginta juga menjelaskan bahwa pelaksanaan IGA ini terdiri dari dua kategori yang dilombakan, yakni kategori perangkat daerah dan kategori masyarakat umum. “IGA ini bukan hanya sekadar mencari pemenang, namun inovasi yang dihasilkan akan terus ditindaklanjuti dan didukung oleh perangkat daerah,” tambahnya.

Ia juga meminta setiap OPD untuk membuat rencana aksi dalam mendukung pelaksanaan inovasi masyarakat. “Saya minta buatkan rencana aksi, ada OPD yang memiliki kewenangan untuk mendukung pelaksanaan dari inovasi masyarakat, masukkan dalam dokumen perencanaan, anggarkan supaya dapat diimplementasikan, dan yang paling penting adalah keberlanjutannya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda Kotamobagu, Chelsia Paputungan, menambahkan bahwa saat ini lomba IGA telah masuk pada tahap pendaftaran proposal oleh peserta. “Saat ini belum ada pendaftar lomba IGA baik dari kategori perangkat daerah maupun kategori umum. Penilaian lomba IGA dilakukan melalui presentasi dan wawancara tatap muka langsung dengan juri,” ungkapnya.

Chelsia berharap dengan dilaksanakannya lomba IGA, dapat memotivasi setiap OPD dan seluruh elemen masyarakat untuk berinovasi dalam menjawab permasalahan serta meningkatkan pelayanan dalam pembangunan daerah. “Harapan saya, melalui lomba IGA Kota Kotamobagu ini, diharapkan akan memacu dan memotivasi perangkat daerah dan masyarakat untuk membangun budaya inovasi, berpikir kreatif, dan inovatif dalam menjawab permasalahan dan tantangan pembangunan daerah sehingga peningkatan pelayanan publik, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan daya saing daerah dapat terwujud,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.