Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw Meresmikan Pabrik Pengeringan Jagung PT Advanced Agri Indonesia di Bolaang Mongondow

0 41

BERANDAKOTA – Desa Tuyat, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) kini memiliki pabrik pengeringan jagung terbaru milik PT Advanced Agri Indonesia (AAI) yang resmi beroperasi mulai Selasa, (30/07).

Peresmian PT Advanced Agri Indonesia (AAI) ini dilakukan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw.

Dalam sambutanya ia menyampaikan Pabrik pengeringan jagung ini memiliki kapasitas pengeringan hingga 300 ton per hari.

“Semoga kehadiran PT AAI di Bolmong ini akan membawa angin segar bagi para petani jagung di Sulut, khususnya petani yang ada di Bolaang Mongondow Raya (BMR),” ujarnya.

Acara peresmian ini turut dihadiri oleh Bupati Bolmong periode 2017-2022 Yasti Soepredjo Mokoagow, Bupati Minahasa Selatan Franky Wongkar, Bupati Boltim Sam Sahrul Mamonto, Penjabat Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, Sekda Bolmong Abdullah Mokoginta, sejumlah pejabat Pemprov Sulut, pimpinan OPD Bolmong, para Camat, serta para Sangadi.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita, diikuti dengan pengoperasian corn drying untuk pertama kali, peninjauan ruangan dan fasilitas Corn Drying Mill PT AAI, serta penandatanganan prasasti.

Hadirnya pabrik ini diharapkan dapat menjadi solusi pangan dan pakan yang berdampak positif, bertanggung jawab, dan berkelanjutan dengan teknologi mutakhir di bidang pengeringan jagung. PT AAI berkomitmen untuk berperan aktif dalam mendorong sektor hulu pertanian jagung dan meningkatkan taraf ekonomi petani di Sulawesi Utara.

Diketahui, pabrik ini mulai didirikan pada Juli 2021 dengan perencanaan teknis yang dilakukan hingga 2022. Pembangunan dimulai pada Januari 2023, dan commissioning pabrik selesai pada bulan Mei 2024.

Pabrik ini memiliki kapasitas pengeringan 300 ton per hari, yang setara dengan 70 hingga 80 ribu ton per tahun. Kapasitas penyimpanan mencapai 6 ribu ton dengan opsi perluasan hingga 20 ribu ton. Pabrik ini juga dilengkapi dengan mesin berteknologi canggih di bidang Grains Processing, dengan fitur pra dan pasca pembersihan. Tungku pembakaran dari High Beam Engineering Co menggunakan bahan bakar 100% campuran sekam padi dan tongkol jagung (non kayu).

Ke depan, PT AAI berencana untuk terlibat dalam pengembangan industri perkebunan jagung di Bolaang Mongondow melalui program kemitraan dan pembinaan petani yang melibatkan Institut Pertanian Bogor. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.