Abdullah Mokoginta Ikuti Prosesi Adat Poponikan Kon Komalig Moloben di Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu

0 31

BERANDAKOTA — Pj. Wali Kota Kotamobagu, Abdullah Mokoginta, M.Si, bersama istri Ny. Suzanna Mokoginta Mooduto, S.H, dan keluarga, mengikuti prosesi adat Poponikan Kon Komalig Moloben di Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu pada Rabu,(14/08).

Prosesi ini diawali dengan kunjungan Tua Adat dari Komalig Moloben yang mengumumkan kesiapan Tua Adat dan Pemerintah Kota Kotamobagu untuk menyambut kedatangan Pj. Wali Kota beserta keluarga.

Setibanya di halaman Komalig Moloben, Pj. Wali Kota dan keluarga disambut hangat oleh Nanu dan Uyo’ Kotamobagu. Mereka menerima pengalungan bunga sebagai tanda penghormatan sebelum melanjutkan ke prosesi adat berikutnya.

Prosesi adat dimulai dengan Itum-itum, diikuti oleh Tari Tuitan sebagai pendamping menuju Komalig Moloben atau Rumah Jabatan Wali Kota Kotamobagu. Di dalam Komalig Moloben, Pj. Wali Kota dan keluarga disambut oleh Tua Adat dan empat Panggulu yang mewakili empat wilayah di Kota Kotamobagu.

Selanjutnya, Pj. Wali Kota dan keluarga berjalan melewati Tolatak Sinontanday atau Tangga Adat Kebesaran sebelum memasuki Komalig Moloben. Prosesi adat ditutup dengan Mintahang atau doa syukuran sebagai ungkapan terima kasih dan harapan baik untuk masa depan Kota Kotamobagu.

Dalam kesempatan tersebut, Abdullah Mokoginta mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas sambutan hangat serta pelaksanaan prosesi adat yang khidmat. “Prosesi ini merupakan simbol kedekatan antara pemerintah dan masyarakat serta penghargaan terhadap tradisi budaya yang menjadi identitas kita bersama,” ujar Abdullah Mokoginta.

Fajar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.