Peringatan Hari Anak Nasional ke-40 di Kota Kotamobagu Berlangsung Meriah

0 37

BERANDAKOTA – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 tingkat Kota Kotamobagu yang diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) berlangsung meriah di Aula Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu. Acara ini mengusung tema “Suara Anak Membangun Bangsa” dan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, yang mewakili Wali Kota Kotamobagu.

Dalam sambutannya, Sofyan Mokoginta menekankan pentingnya peran anak-anak sebagai aset bangsa yang harus dijaga dan diperhatikan. “Sebagai generasi penerus bangsa, anak-anak wajib memperoleh dan menikmati haknya tanpa terkecuali, guna membantu tumbuh kembang agar kelak menjadi manusia yang berguna sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki,” ucap Sofyan.

Sofyan menambahkan bahwa peringatan HAN tahun 2024 ini merupakan momentum untuk meningkatkan keramahan dan kepedulian terhadap tumbuh kembang anak. “Momentum peringatan ini juga harus dijadikan sebagai pemicu dan pemacu semangat kita dalam memberikan perhatian kepada anak-anak sekaligus informasi seluas-luasnya kepada masyarakat tentang pentingnya upaya membangun karakter melalui peningkatan kualitas pengasuhan kepada anak,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sofyan mengajak semua orang tua, keluarga, dan seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kualitas anak melalui pengasuhan yang berkualitas serta memberikan dukungan terhadap perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. “Anak-anak merupakan aset berharga bangsa dan merupakan pilar utama dalam pembangunan masa depan, olehnya kita memiliki tanggung jawab besar untuk melindungi, mendidik serta memberdayakan,” tegas Sofyan.

Di akhir sambutannya, Sofyan juga mengajak seluruh pihak untuk mengevaluasi sejauh mana upaya yang telah dilakukan dalam rangka memberikan komitmen terhadap kesejahteraan anak-anak di Kotamobagu, termasuk dalam menghadapi tantangan seperti kekerasan, eksploitasi, serta akses terhadap pendidikan dan kesehatan yang layak.

Acara peringatan HAN ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, anak-anak, serta para orang tua yang turut serta meramaikan dan mendukung upaya peningkatan kesejahteraan anak di Kota Kotamobagu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.