UDK dan Dinas Perpustakaan Kotamobagu Perkuat Komitmen Bangun Budaya Literasi Melalui Program Bogani Smart

0 345

BERANDAKOTA – Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotamobagu terus memperkuat komitmen mereka dalam membangun budaya membaca dan meningkatkan minat baca masyarakat di wilayah Kotamobagu,Selasa (01/10).

Melalui program Bogani Smart, UDK berkolaborasi untuk memberikan akses pendidikan yang merata sekaligus menumbuhkan budaya literasi di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Rektor UDK, Dr. Muharto, S.Pd.I, S.E, M.Si, bersama tim dosen dan staf memulai langkah besar dengan memperluas program Bogani Smart. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan bagi seluruh masyarakat Bolaang Mongondow Raya (BMR), dengan fokus pada peningkatan literasi dan akses pendidikan.

Pada tahap pertama, program ini telah berhasil memberikan beasiswa kuliah kepada 240 mahasiswa hingga akhir September 2024, tanpa memandang latar belakang sosial. Inisiatif ini diharapkan dapat menciptakan akses pendidikan yang adil dan merata bagi semua lapisan masyarakat.

Program Bogani Smart saat ini berfokus pada peningkatan minat membaca dan literasi di kalangan pelajar dan mahasiswa melalui tiga program utama. Pertama, mengakrabkan pelajar dan mahasiswa dengan kegiatan membaca, menulis, dan berdiskusi di perpustakaan. Kedua, pelaksanaan bimbingan teknis dalam penulisan artikel ilmiah dan buku. Ketiga, penyelenggaraan seminar-seminar yang relevan dengan pengembangan literasi dan akademik.

Dr. Muharto berharap agar ketiga program ini mampu meningkatkan kultur akademik di Kotamobagu, memperkuat minat baca, serta membentuk budaya menulis yang kuat di kalangan generasi muda. “Jika ketiga hal ini berjalan secara konsisten dan berkesinambungan, kita dapat memastikan bahwa generasi BMR akan tumbuh dengan nalar kritis yang berkembang dan kreativitas yang terserap. Dengan demikian, akan terwujud masyarakat akademis yang produktif, inovatif, serta siap menjadi pencipta dan pengabdi bagi bangsa,” ujar Rektor UDK.

Program Bogani Smart diharapkan tidak hanya menjadi sarana untuk memperkuat budaya literasi, tetapi juga menjadi langkah awal untuk membangun masyarakat yang berpikir kritis, kreatif, dan berkontribusi aktif dalam perkembangan ilmu pengetahuan serta pembangunan daerah.

Dengan semangat kolaborasi antara UDK dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotamobagu, Kotamobagu siap menuju masa depan yang lebih cerah dalam dunia pendidikan dan literasi. ***

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.