Tim Evaluator SIPP Kunjungi DPMPTSP Kotamobagu

0 373

BERANDAKOTA— Evaluasi dan penilaian penyelenggaraan publik tahun 2020 kembali dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) di jajaran Pemerintahan Kotamobagu selasa (1/9).

Biro Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berkunjung ke Kantor di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan melakukan penilaian.

Kepala Biro Setda Provinsi Sulut, Christian Darma Sondakh, mengatakan penilaian ini dilakukan agar masyarakat puas atas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. “Tapi pada prinsipnya, berdasarkan hasil penilaian kami Dinas PMPTSP Kota Kotamobagu sudah bagus,” ungkap Christian.

Tim Evaluator Saat di Kantor DPMPPTSP

Lebih lanjut ketua tim evaluator provinsi ini mengatakan, komponen-komponen penilaian yang dilakukan pihaknya tersebut antara lain terkait masalah kebijakan standar pelayanan, sarana dan prasarana serta inovasi. “Kalau tahun kemarin Dinas PMPTSP Kotamobagu mendapat nilai B, saat ini tidak menutup kemungkinan Kota Kotamobagu akan mendapatkan nilai A. Tapi semua keputusan final ada di pusat,” jelasnya.

Ia menerangkan, terkait hasil evaluasi dan penilaian di Dinas PMPTSP, pihaknya akan menyampaikan ke KemenPAN-RB berdasarkan hasil peninjauan di lapangan. “Bentuk penilaian kita adalah catatan-catatan dalam bentuk format isian, misalnya terkait kebijakan. Tapi kumulatif dikeluarkan oleh KemenPAN-RB, terkait dengan enam atau delapan komponen penilaian. Mudah-mudahan di sini (Kotamobagu) dapat nilai A,” terang Christian yang juga.

Sementara itu, Kepala Dinas PMPTSP, Noval Manoppo, mengatakan tujuan diselenggarakannya evaluasi dan penilaian ini untuk meningkatkan kepatuhan penyelenggara, dalam hal ini pemerintah daerah terkait penyelenggaraan pelayanan publik.

“Ada banyak kriteria penilaian yang dilakukan KemenPAN-RB melalui tim evaluator Provinsi. Mulai dari sarana dan prasarana, sistem pelayanan, standar pelayanan, dan masih banyak lagi. Harapan kami, karena tahun lalu kita dapat nilai B, insya Allah tahun ini bisa mendapat nilai A,” ujar Noval. (EsgeEm/kominfo)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.