Rapat Evaluasi SAKIP, Walikota: Sejauh Mana Capaian Perangkat Daerah

0 145

 

BERANDAKOTA— Pemerintah Kota-Kotamobagu melakukan Rapat evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), yang dilaksankan di AULA Rudis Wali Kota, Kamis (17/9).

Rapat yang langsung dipimpin oleh Walikota Kotamobagu, Tatong Bara itu, dilakukan secara virtual yang turut dihadiri oleh jajaran pejabat eksekutif di lingkungan Pemerintahan Kotamobagu. Dalam rangka membahas kinerja pemerintah terhadap laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) seluruh perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kotamobagu.

Menurut wali kota, reviu  terhadap dokumen SAKIP mutlak dibutuhkan setiap pemerintahan daerah untuk melakukan evaluasi terhadap sasaran, program, maupun kegiatan yang telah dilaksanakan setiap perangkat daerah.

“Ini penting dilaksanakan untuk melihat sejauh mana capaian dari masing-masing perangkat daerah terhadap visi misi yang sudah ditetapkan dalam dokumen RPJMD Kotamobagu periode 2019-2023, terutama capaian indikator sasaran, program maupun kegiatan,” kata Tatong.

Dalam dokumen perencanaan, menurut wali kota dua periode ini, progress pencapaian visi misi dan tujuan dapat diukur melalui indikator-indikator yang ada, baik indikator sasaran, sasaran program, indikator program, sasaran kegiatan dan indikator kegiatan.

“Kita tinggal melihat capaian dari indikator yang ada. Apakah sasaran, program dan kegiatannya sudah menunjang pencapaian visi misi yang ditetapkan atau belum? Ini yang harus dievaluasi agar kita bisa melihat kendala maupun permasalahan yang ada dalam pencapaian visi misi tersebut,” ujarnya.

Sementara Inspektur Daerah Kotamobagu, Drs. Syair Lentang, MAP., mengatakan rapat evauasi yang dipimpin ibu wali kota sangat positif bagi setiap perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kotamobagu.

“Dorongan kuat dari ibu wali kota terutama dalam memberikan pencerahan agar setiap perangkat daerah yang ada dapat benar-benar memahami alur penyusunan LAKIP, terutama kesesuaiannya dengan dokumen RPJMD dan capaian indikator-indikator yang ada,” ucap Lentang.

Ia juga berharap dengan evaluasi dan reviu yang dilakukan, dapat lebih menambah nilai SAKIP Pemerintah Kota Kotamobagu, terutama dari hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian PAN RB.

“Diharapkan nilai SAKIP Pemkot Kotamobagu bisa naik lagi, dan semua sangat tergantung dari upaya kita semua untuk menyelaraskan sasaran-sasaran yang ada dalam RPJMD dan kemudian di breakdown di setiap SKPD yang tergambar dalam dokumen SAKIP SKPD,” ungkapnya. (EsGeEm)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan