Yuk Join, Diskusi Sejarah Kegiatan Pertambangan dan Potensi Bahan Galian di Bolaang Mongondow Raya

0 221

BERANDAKOTA— Komunitas Geologi dan Pertambangan Bolaang Mongondow Raya (BMR) Sabtu (10/9) hari ini, akan  menggelar diskusi dengan tajuk “Sejarah Kegiatan Pertambangan dan Potensi Bahan Galian di Bolaang Mongondow Raya”.

Kegiatan yang akan diselenggarakan di Rumah Adat Mongulintang, Desa Kopandakan 1, Kecamatan Kotamobagu Selatan, merupakan agenda perdana diskusi umum yang dilaksanakan oleh Komunitas Geologi dan Pertamabangan BMR setelah beberapa waktu lalu komunitas ini mengadakan seminar serta workshop secara internal.

Wakil Ketua Komunitas Geologi dan Pertambangan BMR, Firly Yogi Teten kepada awak media  mengatakan, kegiatan diskusi bertujuan memberikan informasi soal sejarah panjang pertambangan di Bumi Totabuan, sekaligus membahas potensi sumber daya yang terkadung di dalamnya.

“Dalam diskusi ini kami mengundang tokoh masyarakat, pengusaha tambang tradisional, aktivis lingkungan, juga berbagai komunitas untuk bertukar pendapat soal praktik pertambangan di Bolaang Mongondow Raya, kita akan bahas mengenai praktik pertambangan dan edukasi terkait Undang-undang minerba” ujar Firly.

Firly menambahkan, nantinya pertemuan ilmiah ini akan menghadirkan berbagai narasumber yang kapabel dan berbagai tokoh yang kompeten seperti Bripka Sumitro Tegela, Drs. A.R Mokoginta, Gerry Mokoginta ST dan Hasirwan ST,  sehingga diharapkan pertemuan ini mampu menciptakan diskusi yang berkualitas.

“Jika rangkaian diskusi internal sebelumnya bertujuan meningkatkan kapasitas kami sebagai ahli geologi dan pertambangan, diskusi umum ini bertujuan memberikan gambaran bagaimana praktik penambangan yang memenuhi aspek legal dan setidaknya mempertimbangkan dampak lingkungan. Jadi yuk untuk semua ingin bergabung dengan kegiatan silakan, tapi jangan lupa tetap taati protokol kesehatan,” tutupnya.

 

(Visited 10 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan