Puskesmas Motoboi Kecil Gelar Simulasi Pertama Vaksin Covid-19

0 156

BERANDAKOTA – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Motoboi Kecil yang terletak di Kecamatan Kotamobagu Selatan, menggelar simulasi Vaksin Covid-19 hari ini, Rabu (13/1).

“Simulasi ini digelar dalam mempersiapkan pelaksanaan Vaksin Covid-19 nanti, terutama masalah fasilitas dan edukasi kepada masyarakat, sehingga pada saat pelaksanaan penyuntikan vaksin bisa terlaksana dengan baik dan lancar,” kata Kepala Puskesmas Motoboi Kecil, Linda Mokodongan.

Linda menjelaskan, dalam simulasi ada sejumlah tahapan yang dijalankan. Mulai dari kedatangan pasien hingga pelaksanaan penyuntikan.

“Tahapan awalnya sebelum pasien masuk diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu serta pengecekan suhu badan. Jika kemudian suhu badan pasien 37,3 derajat celcius maka akan diarahkan ke tempat khusus. Berbeda dengan yang suhu badannya normal akan langsung diarahkan ke meja pertama tempat pendaftaran atau skrining, lalu dilanjutkan pelaksanaan vaksinasi serta pencatatan pelaporan,” ujarnya.

Sesudah memenuhi tahapan, warga yang sudah melaksanakan Vaksin Covid-19 tidak boleh langsung pulang, tetapi harus menunggu hingga sekitar 30 menit.

“Tiga puluh menit harus menunggu di area yang telah disiapkan dan terpantau untuk mengetahui kejadian pasca imunisasi,” katanya. (Cea)

(Visited 40 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan