Program BSPS Kotamobagu Tahun 2021 Serap Rp 1,5 Miliar

0 449

BERANDAKOTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) tahun ini berencana membedah 75 rumah melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Plt Kepala Dinas PRKP, Chelsia Paputungan, mengatakan pada tahun anggaran 2021 sebanyak 75 unit rumah yang mendapat bantuan stimulan.

“Anggaran untuk membedah 75 unit rumah ini, seluruhnya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan total anggaran Rp 1,5 miliar,” katanya belum lama ini.

Ia menjelaskan, tiap-tiap unit rumah akan mendapat bantuan stimulan sebesar Rp 20 juta.

“Nilai bantuan ini, naik bila dibandingkan besaran stimulan yang diberikan pemerintah pusat pada tahun-tahun sebelumnya. Dimana, besaran dana BSPS per unit sebesar Rp 17,5 juta,” ujarnya.

Selain DAK, pihaknya juga masih terus melakukan lobi anggaran dari sumber dana lainnya. Terutama, dalam rangka mendukung realisasi pembiayaan program BSPS di Kotamobagu.

“Seperti halnya tahun kemarin, kita mendapat anggaran untuk BSPS itu dari berbagai bersumber. Di antaranya APBN, DAK serta bantuan luar negeri. Yang pasti semua lini dan sumber kita akan lobi,” katanya.

Untuk APBN sendiri lanjut Chelsia, pihaknya mengusulkan kurang lebih 200 unit BSPS. Hanya saja, usulan tersebut masih menunggu satu-dua bulan ke depan. Sementara untuk APBD ia mangaku belum digunakan. Meski demikian, tetap dipersiapkan guna mengantisipasi jika dana APBN tidak turun.

“Target BSPS kita di Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) sebanyak 180 unit setiap tahunnya selalu tercapai menggunakan APBN. Namun APBD juga tetap kita siapkan untuk mengantisipasi. Biarlah APBD dimanfaatkan untuk kegiatan lain yang menjadi kebutuhan dan pencapaian target pemerintah,” ujarnya. (Cea)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.