Resmi Ditutup, Berikut Pemenang Kategori Perangkat Daerah dan Umum IGA-KK 2021

0 62

BERANDAKOTA–Pelaksanaan Kegiatan Innovative Government Award (IGA) Kota Kotamobagu (KK) tahun 2021 hari ini, Senin (12/04), resmi ditutup secara virtual melalui Zoom Meeting.

Kegiatan ini selesai dilaksanakan setelah melewati berbagai tahapan sejak Februari 2021, yaitu tahapan sosialisasi, pendaftaran proposal inovasi, evaluasi kelayakan proposal, presentasi dan wawancaran, dan terakhir adalah tahapan pembuktian (fact finding).

Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu Sande Dodo secara resmi menutup kegiatan IGA-KK 2021. Dalam sambutan ia menyampaikan bahwa dengan pelaksanaan kegiatan ini, ke depan terjadi peningkatan pelayanan dan kinerja pemerintah melalui perangkat daerah kepada masyarakat, sehingga visi dan misi Kota Kotamobagu  dapat tercapai kota jasa dan perdagangan berbasis kebudayaan lokal menuju masyarakat sejahtera dan berdaya saing.

“Kegiatan IGA-KK 2021 telah meningkatkan indikator pembangunan daerah, salah satunya adalah berdasarkan Kepmendagri Nomor 100–4672 Tahun 2020 tentang Indeks Inovasi Daerah, di mana Kota Kotamobagu meraih skor indeks 656 poin, dengan kategori sebagai Kota Inovatif,” kata Sande.

Baca juga: Guru di Kotamobagu Masih Menunggu Vaksinasi, Dinkes: Diperkirakan Pekan Depan

Ia juga menjelaskan, pihaknya  terus berupaya agar Kotamobagu di masa yang akan datang menjadi kota dengan kategori  ‘Sangat Inovatif’. Dan ini tentunya dengan kolaborasi dan kerja cerdas antarpihak, sehingga apa yang harapkan bisa tercapai.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Kotamobagu Sofyan Mokoginta dalam laporannya secara umum mengatakan tujuan kegiatan IGA-KK 2021 pertama yakni memacu dan memotivasi perangkat daerah untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas sesuai dengan bentuk inovasi; kedua mendorong arah penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan daerah sesuai dengan kebijakan pembangunan daerah yang selaras dengan penerapan good governance; dan ketiga meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap proses inovasi yang sedang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Sementara itu, penjelasan teknis kegiatan disampaikan oleh Kepala Bidang Litbang Muhammad Fahmi Iman didampingi oleh Reince Herry Tangkowit selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), bahwa kegiatan ini terbagi menjadi 2 kategori, pertama Kategori Perangkat Daerah (PD) yang diikuti oleh 19 PD peserta dari 43 PD yang ada dan Kategori Umum berjumlah 19 peserta. Dari semua peserta yang melalui berbagai tahapan dihasilkan masing-masing 6 pemenang (Juara 1, 2, 3 dan Juara Harapan 1, 2, 3).

“Bagi para inovator pemenang IGA-KK 2021, penyerahan hadiah direncanakan akan dilaksanakan pada saat perayaan HUT Kota Kotamobagu ke-14, 23 Mei 2021, dengan harapan di waktu yang akan datang bentuk inovasi yang ada di Kota Kotamobagu lebih beragam dan bisa memberi manfaat bagi masyarakatnya,” ujar Fahmi.

Baca juga: Pemkot Kotamobagu Resmi Luncurkan Kartu Parkir Berlangganan Bulanan

Adapun juri pada kegiatan IGA-KK 2021 adalah (1) Herie Saksono sebagai Peneliti Madya Bidang Bisnis dan Manajemen di Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, (2) Eko Hermonsyah Juhasmon sebagai Ketua Tim Implementasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Daerah di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, dan (3) Magdalena Wullur sebagai Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi merangkap staf khusus Wali Kota Kotamobagu.

Daftar Pemenang Kategori Perangkat Daerah:

Juara 1 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang – SiJJ – Monitoring/Evaluasi melalui Sistem Informasi Preservasi Jalan dan Jembatan Berbasis WEB di Kota Kotamobagu.

Juara 2 Dinas Ketahanan Pangan – SI KETAPANG (Sistem Informasi Ketahanan Pangan).

Juara 3 Badan Pengelola Keuangan Daerah – SI BAPER (Sistem Informasi Barang Persediaan).

Juara Harapan 1 Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah – SI PETARUNG (PEMUTAKHIRAN) – Sistem Perencanaan dan Pengelolaan Tata Ruang.

Juara Harapan 2 Kantor Kelurahan Gogagoman – SIP SIP SUMASUK (Sistem Penatausahaan Administrasi Perkantoran dan Kearsipan Kelurahan).

Juara Harapan 3 Dinas Pertanian dan Perikanan – Pemurnian Varietas Benih Padi di Penangkar Kelompok Tani “YANTATON” Desa Poyowa Kecil.

Daftar Pemenang Kategori Umum:

Juara 1 SMP Negeri 3 Kotamobagu – Efisiensi Program Composting dengan Mesin Chopper.

Juara 2 Roni Kobandaha & Guesman Laeta – JAJAR LEGOWO KAKAO: Tingkatkan Produksi Kakao.

Juara 3 Kadriyanto Mokoagow – Mesin Pemecah Cangkang (Kemiri, Kenari, Pala).

Juara Harapan 1 Tim BMR FOX – Korporatisasi Petani Kopi Mobalang.

Juara Harapan 2 Suhartien Tegela, SE – Lemong Cui Kotamobagu: Minuman Sehat, Hidup Sehat.

Juara Harapan 3 MTS N 1 Kotamobagu – Aplikasi Pemilihan Ketua OSIS di Masa Pandemi Covid-19.*

(Visited 14 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan