Tingkatkan Kualitas UMKM, Pemkot Kotamobagu Bentuk UMKM Center

0 131

TBERANDAKOTA — Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kotamobagu terus berupaya mengembangkan serta meningkatkan peran dan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Kotamobagu.

Upaya tersebut yakni menggandeng pihak perbankan di Kota Kotamobagu untuk membantu UMKM.

Hal tersebut disampaikan Asisten II Pemkot Kotamobagu, Sitti Rafiqah Bora, usai pelaksanaan kegiatan sosialisasi UMKM Center, Jumat (20/8) pagi.

“Dalam mengembangkan dan meningkatkan peran serta kualitas UMKM di Kota Kotamobagu, Pemkot membentuk UMKM Center dan tentunya menggandeng pihak perbankan yang ada di wilayah Kota Kotamobagu, khususnya pembiayaan para pelaku UMKM,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya UMKM Center ini, diharapkan UMKM di Kota Kotamobagu akan semakin maju dan berkembang.

“Pembentukan UMKM Center Kota Kotamobagu ini mendapat respons yang sangat positif dari pihak perbankan di Kota Kotamobagu. Dengan adanya UMKM Center ini, maka setiap UMKM di Kota Kotamobagu akan terdata dengan baik, sehingga mempermudah pihak perbankan dalam memberikan bantuan kepada UMKM melalui Program Pemulihan Ekonomi,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas UMKM di Kotamobagu juga akan dilakukan Memorandum of Understanding dengan pihak perbankan, khususnya yang berkaitan dengan pembiayaan UMKM di Kota Kotamobagu.

“Pihak perbankan yang hadir pada kegiatan ini semua merespons positif UMKM Center Kota Kotamobagu ini, dan mereka menyatakan siap melakukan pendampingan dan pelayanan dalam rangka pengembangan UMKM di Kota Kotamobagu,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu, Sande Dodo saat membuka kegiatan ini mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Pemkot Kotamobagu dalam meningkatkan peran dan kualitas UMKM.

“Keberadaan UMKM Center Kota Kotamobagu ini menjadi sangat penting dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas UMKM di Kota Kotamobagu, karena dengan adanya UMKM Center ini, maka nantinya akan tersedia database, yang memuat profil dari UMKM, termasuk produk yang dijual oleh setiap pelaku UMKM,” ujarnya.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri perwakilan perbankan, perwakilan UMKM, serta turut dihadiri para pimpinan OPD yang terkait dengan pendampingan dan pelayanan UMKM Center. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.