Festival Fesbudjaton Ke-XVII di Kotamobagu Berdampak Pada Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kotamobagu

0 68

BERANDAKOTA -Kegiatan Festival Seni dan Budaya (Fesbudjaton) ke-XVII se-Indonesia Timur Tahun 2023, bertempat di Lapangan Sinindian Kotamobagu Timur, ternyata berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

Kotamobagu yang merupakan tuan rumah dalam Kegiatan (Fesbudjaton) ke-XVII se-Indonesia Timur Tahun 2023 yang di buka Walikota Ir Hj Tatong Bara melalui Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan SH, pada Rabu (21/06/2023) pekan lalu, yang akan berlangsung selama empat hari sampai tanggal 24 Juni 2023, dan menghadirkan kontegen atau peserta yang akan ikut pentas seni dan budaya dari berbagai daerah wilayah Indonesia Timur (Sulawesi Utara dan Gorontalo), tentunya sangat menguntungkan Daerah Kotamobagu sebagai tuan rumah.

Dari penelusuran media ini, kegiatan yang berlangsung selama empat hari itu, perputaran ekonomi masyarakat Kotamobagu bertambah. Seperti setiap hotel, penginapan, homestay, dan tempat kos-kosan, di penuhi seluruh pendatang dari luar daerah yang ikut atau menyaksikan langsung kegiatan Festival Fesbudjaton.

Tidak hanya tempat tinggal, tapi para penjual makanan/minuman (kuliner) di wilayah sekitar Kotamobagu juga turut merasakan dampak dari kegiatan tersebut.

Seperti ibu Irna penjual keripik pisang dan Snack lainnya, juga mas penjual bakso keliling, hingga kadai Cafe penjual kopi dan aneka minuman/makanan, menuturkan  bahwa sudah dua hari ini omset pendapatan mereka bertambah atau daganggan mereka habis.

“Iya Kami pedagang makanan ringan (Snack) yang hanya berjualan kaki, ketika berkeliling ke lokasi itu, jualan kami habis di borong oleh pengunjung yang ada di sekitar lokasi itu,” ujar para pedagang keliling.

Diketahui pemerintah juga telah menyediakan stand tempat para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), untuk berjualan, mempromosikan produk mereka di kompleks kegiatan Fesbudjaton di lapangan Sinindian. *

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.