Dinkes Bolmong Perkuat Surveilans Epidemiologi di Tempat Ibadah

0 44

BERANDAKOTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar penguatan surveilans epidemiologi di tempat ibadah di beberapa lokasi yang berada di Kecamatan Passi Timur. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kesehatan lingkungan di Kabupaten Bolmong.

Menurut Kepala Dinkes Bolmong, I Ketut Kolak, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Dia menekankan pentingnya pengawasan sanitasi di tempat ibadah karena merupakan tempat umum yang dikunjungi oleh masyarakat.

“Tempat ibadah memiliki kriteria sebagai tempat umum karena diperuntukkan bagi masyarakat umum. Oleh karena itu, sanitasi tempat-tempat ibadah harus diperhatikan dan diawasi baik oleh petugas sanitarian, pengelola tempat ibadah, maupun pemerintah,” kata Kolak.

Kepala Puskesmas Pangian, Marry Kamolan, menjelaskan bahwa sanitasi tempat umum merupakan usaha untuk mencegah kerugian akibat tidak terawatnya tempat-tempat tersebut dan mencegah penularan berbagai jenis penyakit.

“Indikator tempat ibadah yang sehat antara lain kualitas dan kuantitas penyediaan air bersih, kebersihan jamban atau kakus, tempat berwudhu, dinding/langit-langit, lantai, serta sarana pembuangan air limbah,” ungkapnya.

Kamolan menambahkan bahwa tempat ibadah sangat penting karena merupakan tempat di mana manusia berkumpul dan berhubungan langsung dengan lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, perhatian terhadap sanitasi tempat ibadah sangatlah vital dalam menjaga kesehatan masyarakat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.