Sekda Bolmong Terima Kunjungan Kerja dari BPS untuk Evaluasi Statistik Sektoral

0 19

BERANDAKOTA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Abdullah Mokoginta, menerima kunjungan kerja dari Badan Pusat Statistik (BPS) Bolmong, yang dilaksanakan di ruang kerjanya pada Selasa, 23 April 2024.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), suatu proses penilaian yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, yang secara sistematis melakukan verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri guna mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral.

Kepala BPS Bolmong, Janny Eduard Maliangkay, menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk menyampaikan surat rekomendasi hasil EPSS Tahun 2023, yang mencakup dua kegiatan statistik sektoral yang dinilai.

Sementara itu, Sekda Bolmong, Abdullah Mokoginta, menyatakan bahwa tujuan dari EPSS adalah untuk mengukur kemajuan, meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral, dan meningkatkan pelayanan publik.

“Tingkat kematangan EPSS terdeteksi dari Nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS), di mana semakin tinggi nilai IPS, semakin baik tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral”ucapnya

Abdullah Mokoginta juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2024 ini akan dilaksanakan penilaian EPSS kembali di Kabupaten Bolaang Mongondow, dengan dua lokus yang dipilih, yaitu Dinas Perkebunan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Pertemuan ini diharapkan dapat memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan statistik sektoral di Kabupaten Bolaang Mongondow, sehingga kekurangan yang ada pada tahun sebelumnya dapat diperbaiki, dan Kabupaten Bolaang Mongondow dapat meraih hasil yang lebih baik pada EPSS tahun ini”ujarnya.

(Fjr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.