SFL Buka Kelas Pasar Bebas Bagi Mahasiswa Seluruh Indonesia

0 229

BERANDAKOTA— Studen for Liberty (SFL) kini membuka pendaftaran kelas “Pasar Bebas” bagi 80 mahasiswa di Indonesia yang akan dilaksanakan selama sebulan secara virtual melalui aplikasi zoom. SFL sendiri  merupakan organisasi nirlaba yang berpusat di Kota Virginia, Amerika Serikat, dan kini membuka jaringan di setiap negara.

Local Koordinator SFL, Fadil Maengkom mengatakan, dibukanya kelas pasar bebas begitu penting bagi peserta. menurutnya, terkadang kedaulatan individu itu tak bisa direalisasikan lewat keputusan-keputusan politik negara. “Pasar bebas, menghendaki individu untuk terlibat sebagai subjek yang setara,” katanya.

Lanjutnya, dalam masyarakat Indonesia sendiri, pasar bebas penting untuk dilihat dalam perkembangan ide. walau memang kita tahu, sejarah ide di Indonesia masih sangat terbatas. Karena memang para pemikir yang lahir sejak Indonesia merdeka banyak dari kalangan penganut ekonomi terencana.

“Untuk itu, pasar bebas penting sebagai alternatif pemikiran bahwa relevansi dan keberhasilan pasar bebas di dunia global bisa juga diterapkan di Indonesia,” terangnya.

Fadil menambahkan, para peserta nantinya akan mendapatkan materi dari beberapa pemateri yang berkopeten. “Selain sertivikat, para peserta akan mendapatkan kaos dari SFL,” tutupnya. (EsGeEm)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan