Tingkatkan Kualitas UMKM, Pemkot Kotamobagu Gelar Pelatihan

0 554

BERANDAKOTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM), menggelar kegiatan bertema Pelatihan Virtual Kewirausahaan Mandiri bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan menggandeng PT Indomarco Prismatama Cabang Manado (Indomaret), Kamis (11/2) bertempat di Hotel Sutanraja Kotamobagu.

Baca juga: Pemerintah Kotamobagu Menerima Kunker Komisi I DPRD Provinsi Sulut

Assisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Siti Rafika Bora, dalam sambutanya mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan agar pelaku UMKM di Kota Kotamobagu dapat bertahan dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Saya mewakili Pemkot Kotamobagu, sangat mengapresiasi PT Indomarco yang sudah mau memfasilitasi Pelatihan Virtual Kewirausahaan Mandiri bagi UMKM di Kotamobagu. Oleh karena itu, Pemkot Kotamobagu menyambut baik pelatihan ini,” kata Rafika.

Lanjutnya, peran UMKM sangat berpengaruh dalam perkembangan dan pertumbuhan perekonomian. Untuk itu, UMKM harus memiliki kemapuan bersaing.

Baca juga: Bagaimana Seragam Sekolah Merusak Keberagaman Kita?

“Produktivitas UMKM di Kotamobagu menunjukkan peningkatan, namun nilainya masih sangat kecil dibandingkan pengusaha besar. Jadi, pelatihan ini sangat penting dan strategis. Pandemi Covid-19 juga membuat kurangnya kemampuan pelaku UMUM baik dari sisi produksi, keahlian dalam memasarkan produk yang dihasilkan, serta kemampuan bersaing dengan pelaku industri besar,” ujarnya.

Kegiatan tersebut diikuti 50 pelaku UMKM dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, digelar pemajangan berbagai produk UMKM Kotamobagu. (Cea)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.