Oven dari Seng Plat Ini Tak Kalah dengan Oven Pabrikan

0 108

BERANDAKOTA – Dari semua jenis peralatan dapur, oven atau alat pemanggang, menjadi salah satu barang terpenting dalam pembuatan segala jenis kue.

Menjamurnya usaha pembuatan roti dan kue di Kotamobagu turut mendorong terciptanya usaha pembuatan oven. Tahir (49), warga Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, mendapatkan peluang itu. Dengan bermodalkan pengetahuan tentang cara pembuatan oven berbahan dasar seng plat, dirinya mencoba peruntungan.

Memanfaatkan halaman rumah, Tahir memproduksi berbagai jenis dan ukuran oven yang tak kalah menarik dengan oven bermerk pabrikan.

Saat ditemui di tempat ia melakukan produksi, pria yang sebelumnya berprofesi sebagai petani ini sedikit menceritakan awal mula ia terjun dan menekuni usahanya.

“Dulu saya sempat tinggal di Manado. Nah, saat itu saya sering melihat cara pembuatan oven dengan bahan dasar seng plat. Saat balik ke Kotamobagu, saya pun mencoba membuatnya di rumah dengan pengetahuan yang saya miliki,” ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, dengan terus mengembangkan potensinya, Tahir pun sukses menjalankan usaha ini.

“Meski pun saya bekerja menggunakan alat yang sederhana, tetapi berharap hasil kerja ini bisa masuk ke toko-toko yang ada di Kotamobagu,” katanya.

Untuk harga oven hasil produksinya, Tahir mematok harga relatif terjangkau bagi para konsumen.

“Oven gas ukuran 60 cm saya jual dengan harga Rp 2,5 juta dan ukuran satu meter Rp 4 juta. Untuk oven biasa yang berukuran sedang Rp 200 ribu, ukuran besar Rp 250 ribu. Untuk yang ukuran sedang ini bisa harga enceran, sedangkan perlusin harganya lebih murah lagi,” ujarnya. (*)

(Visited 24 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan