Jelang Ramadan, Dispertanak Kotamobagu Awasi Kualitas Hewan Potong di Pasar

0 114

BERANDAKOTA —Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu melalui Bidang Perternakan dan Kesehatan Hewan, intens melakukan pengawasan kesehatan hewan potong di pasar jelang Ramadan. Hal ini guna menjamin daging yang dihasilkan bisa memenuhi kaidah aman, sehat, utuh dan halal (ASUH).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Samsul Hidayat Lasena mengatakan bahwa hal tersebut untuk menjamin kesehatan hewan potong. Pihaknya juga telah menyediakan petugas di pasar untuk melakukan pemeriksaan antemortem (sebelum ternak disembelih) dan postmortem (setelah disembelih).

“Jadi hewan diperiksa dulu sebelum dipotong. Dan untuk sapi betina produktif, tidak diperbolehkan,” kata Samsul kepada awak Berandakota, Kamis (1/4).

Selanjutnya, sapi yang mengidap penyakit tertentu, kata Samsul, tidak diperbolehkan untuk disembelih.

“Jika ditemui ada hewan yang sakit maka kami upayakan untuk diobati sebelum disembelih. Setelah itu, masih harus diperiksa apakah dagingnya layak dikonsumsi atau tidak. Dan untuk Kotamobagu sendiri, sampai saat ini dari segi kesehatan daging masih bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

(Cea)

(Visited 27 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan