Sam Sachrul Mamonto Hadiri Bimtek Reformasi Birokrasi di Manado

0 355

BERANDAKOTA–Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto menghadiri Bimbingan teknis (Bimtek) tentang Kebijakan Strategis Pemerintah Pusat dalam Rangka Penyederhanaan Birokrasi, Senin (12/4).

Kegiatan ini bertempat di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) dan dibuka Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia Tjahjo Kumolo, dan turut dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandow, serta seluruh kepala daerah se-Sulut.

Menpan-RB Tjhajo Kumolo dalam sambutannya berharap pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Sulut dapat bersinergi dengan pemerintah pusat untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan keberhasilan pembangunan nasional.

Selain itu Tjhajo Kumolo mengatakan, upaya ini dilakukan melalui implementasi kebijakan Kemenpan-RB seperti penyederhanaan birokrasi, sistem kerja berbasis digital, manajemen ASN serta memperbaiki kualitas pelayanan publik.

“Harapan kami sebagai pemerintah pusat, agar pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam program visi-misinya sejalan dan bersinergi dengan pemerintah pusat. Dengan begitu, pelaksanaan reformasi birokrasi yang tertuang dalam visi dan misi Presiden Joko Widodo dapat tercapai,” kata Tjahjo.

Terkait hal tersebut, Bupati Sam Sachrul Mamonto mengaku siap menindaklanjuti hal-hal yang disampaikan Menpan-RB. Dikatakannya, soal penyederhanaan birokrasi, saat ini Pemkab Boltim melalui Bagian Organisasi dan BKPSDM sementara menginventarisasi jabatan eselon IV yang akan disederhanakan dan dialihkan ke dalam jabatan fungsional.

Kemudian juga terkait usulan CPNS tahun 2021, pihaknya telah mengusulkan 280 formasi CPNS ke Kemenpan-RB, dan usulan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 215 khusus tenaga guru.

“Menteri memaparkan banyak hal terkait birokrasi pemerintahan. Tentunya akan kita tindaklanjuti demi terselenggaranya sistem pemerintahan yang baik dan bersih,” katanya.

Diketahui, kegiatan ini juga turut diikuti Wakil Bupati Boltim Oskar Manoppo dan Sekretaris Daerah Sonny Warokka secara virtual dari Hotel Quality Manado. (widy)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.