Pemkot Imbau Masyarakat Beli Elpiji di Semua Pangkalan Kotamobagu

0 541

BERANDAKOTA – Pemerintah Kota Kotamobagu mengimbau masyarakat  untuk membeli Elpiji langsung di pangkalan yang tersebar di wilayah Kota Kotamobagu.

Hal ini disampaikan Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Kotamobagu, Sitti Rafiqah Bora, usai menggelar pertemuan dengan PT Pertamina di ruang kerjanya, Rabu (5/5).

“Sebaiknya masyarakat, terutama rumah tangga pengguna gas elpiji 3 kg agar mendapatkannya langsung dari pangkalan gas elpiji yang ada, agar dapat memperoleh harga eceran yang telah ditetapkan pemerintah,” kata Rafiqah.

Saat ini pihak Pertamina memiliki tiga agen dan 298 pangkalan di Kota Kotamobagu yang menjadi penyalur resmi gas elpiji. Jumlah pasokan ke pangkalan ini sebenarnya mencukupi untuk kebutuhan rumah tangga masyarakat Kota Kotamobagu.

“Apalagi saat Ramadan pihak Pertamina menambah pasokan elpiji sebanyak 20 persen atau sekitar 30 ribu dari pasokan reguler. Jumlah ini sebenarnya cukup untuk kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan,” ujarnya.

Sementara pihak Pertamina melalui Sales Branch Manager Rayon III Sulawesi Utara dan Gorontalo, Sandi Saryanto, mengatakan distribusi elpiji 3 kg di wilayah Kota Kotamobagu disuplai oleh SPBE Mulia Bakti  dengan jarak sekitar 2 km dan tidak terdapat kendala penyaluran dalam bentuk apapun.

“Harga Eceran Tertinggi (HET) resmi adalah Rp 18.000. Tidak ada indikasi pangkalan menjual harga di atas HET,” kata Sandi.

Dari hasil survey dan pemantauan pihak Pertamina, Selasa (4/5) kemarin secara acak terhadap beberapa pangkalan, berjalan sesuai mekanisme. Selain itu, semua pengkalan masih tersedia stok elpiji 3 kg untuk dibeli masyarakat.

Suplai elpiji oleh SPBE dilaksanakan tiga kali setiap minggu sesuai jadwal. Selain gas elpiji subsidi 3 kg untuk masyarakat miskin, juga tersedia gas lepiji non subsidi (Bright Gas).

“Pertamina juga menyediakan gas non subsidi, kami mengimbau  ASN/TNI/Polri serta masyarakat mampu untuk dapat menggunakan ini, agar  subsidi tepat sasaran” ujar Sandi.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.