Tersedia Kandang dan Sangkar Ayam Kekinian di Kotamobagu

0 59

BERANDAKOTA – Kandang atau sangkar ayam yang terbuat dari bahan kayu, bambu, dan rotan masih banyak diminati warga Kotamobagu. Untuk itu, Salihan Mamonto, warga Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat, coba menggeluti usaha ini untuk menambah penghasilannya.

Menurut Salihin, sejak pandemi Covid-19 tahun 2020, ia mencoba membuat kerajinan tangan yang berbahan dasar bambu, rotan, dan kayu.

“Keahlian membuat kerajinan tangan ini saya peroleh sejak masih sekolah. Sejak ikut pramuka dan sempat mengikuti Jambore Nasional Pramuka tahun 1981 di Cibubur. Saya membuat kandang ayam dengan berbagai macam model,” katanya, Kamis (17/6/2021).

Diakuinya, kandang dan sangkar ayam banyak diminati oleh warga, bahkan terkadang dirinya sering kali kehabisan stok bahan dasar seperti bambu, rotan, dan kayu.

“Dalam sehari bisa menyelesaikan 2 sampai 3 buah kurungan yang berbahan bambu, dan untuk kandang ayam yang berbahan kayu bisa 3 hari untuk membuat 1 buah kandang. Untuk harganya mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 300 ribu, tergantung bahan dan ukurannya,” katanya. (Fjr)

(Visited 24 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan