Kantor Pertanahan Boltim Gencar Sosialisasi Percepatan PTSL

0 107

BERANDAKOTA – Sosialilsi Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) terus dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ( Boltim).

Program PTSL adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah di bidang pertanahan pada umumnya dan di bidang pendaftaran tanah pada khususnya, yang berupa pensertifikatan tanah yang dilaksanakan secara serentak bersama-sama (massal) dan penyelesayan sengketa – sengketa tanah yang bersifat strategis.

Kepala Kantor BPN Boltim, Yandri D.R. Rori, mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan Sosialisasi untuk mengajak masyarakat yang ingin mengurus sertifikat tanah atau butuh pelayanan pertanahan agar bisa datang secara mandiri di kantor.

“Tentunya ini untuk menghindari pihak ke tiga (Calo) yang mengambil keuntungan dalam pengurusan sertifikat dan pelayanan lainnya. Maka dari itu alangkah baiknya untuk datang sendiri jika ingin mengurus sertifikat atau butuh pelayanan pertanahan lainnya,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya berusaha untuk melakukan pelayanan yang terpercaya dan profesional untuk masyarakat yang akan mendaftarkan bidang tanahnya untuk disertifikatkan.

“Keuntungan untuk datang secara mandiri dalam mengurus sertifikat tanah dan lainnya agar supaya kita bisa membantu sesuai ketentuan, dan masyarakat juga dapat merasakan percepatan pengurusan sertifikat atau pelayanan pertanahan lainya,” katanya.

Ditambahkannya, saat ini pelayanan BPN Boltim sudah secara digital agar masyarakat bisa dengan mudah mengecek proses pelayanannya secara online melalui aplikasi Sentuh Tanahku lewat perangkat android.

“Jika masyarakat mendaftarkan bidang tanahnya, kita langsung input pendaftarannya, secara otomatis waktunya juga sudah berjalan dalam aplikasi. Agar mereka bisa mengecek proses pengurusan berkasnya sudah valid atau belum, bahkan dalam aplikasi itu mereka juga bisa tahu proses pemberkasannya sudah sampai ke tahap apa,” ujarnya.

Diketahui turut hadir dalam kegitan sosialisasi yang dilakukuan Petanahan ini iyalah beberapa Sangadi dan Aparat Desa di wilayah Boltim agar mereka dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang pelayanan publik Kantor pertanahan Boltim, dan masyarakat tahu Kantor Pertanahan Boltim bagaimana melakukan pelayanan secara terbuka dan terpercaya.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.