Ini Penjelasn Pemkot Terkait Pembenahan yang Dilakukan di pasar Genggulang

0 45

BERNADAKOTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melakukan pembenahan di Pasar Genggulang, Kelurahan Genggulang, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Adapun pembenahan buang dilakukan dalam rangka persiapan relokasi pedagang pasar.

Sebagaimana disampaikan Kepala Disperdagkop-UKM Kotamobagu Ariono Potabuga.

“Rencana relokasi pedagang sudah dijadwalkan tanggal 30 Maret 2022, tapi karena ada masukan dari beberapa pedagang yang meminta pertimbangan karena waktunya sangat berdekatan dengan bulan suci Ramadhan, maka jadwal relokasi diundur nanti dilaksanakan setelah lebaran Idul Fitri,” ujarnya.

Karena jeda waktu tersebut, Ariono Potabuga mengatakan, pihaknya melakukan penataan dan merapikan kembali Pasar Genggulang.

“Karena masih ada jeda waktu tersebut pimpinan meminta kami untuk menata dan merapikan kembali hal hal yang masih kurang,” ungkapnya.

Sedangkan pembenahan yang dilakukan mulai dari adanya genangan air, cat yang sudah pudar, pintu yang rusak, keramik yang rusak, drainase yang tersumbat dan lainnya.

“Hal ini dilakukan agar pedagang yang nantinya akan pindah dan menempati Pasar Genggulang lebih nyaman.
Bagi kami, pedagang yang akan menempati pasar itu adalah tamu, dan tamu harus diperlakukan dan dilayani dengan baik. Kami melakukan upaya perbaikan dan penataan ini hanya dengan swadaya masing masing OPD. Tentu dengan harapan pasar akan lebih indah dan menarik, serta pedagang dan pengguna pasar akan nyaman dalam bertransaksi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kotamobagu, Claudy N. Mokodongan ikut membenarkan adanya pembenahan Pasar Genggulang.

Menurut Claudy, pekerjaan pembenahan pasar Genggulang yang dilaksanakan merupakan kerja bakti serta swadaya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Kotamobagu.

“Dan sama sekali tidak menggunakan anggaran daerah atau APBD Kota Kotamobagu. Itu pun murni dilakukan untuk lebih memperindah kondisi Pasar Genggulang, yang akan segera ditempati para pedagang dari Pasar Serasi,” ujarnya.

Tak hanya itu, Claudy juga menyampaikan pekerjaan yang dilaksanakan di lokasi Pasar Genggulang meliputi pengecatan dinding, perbaikan atap maupun plafond yang rusak, saluran yang tersumbat, perbaikan pipa air yang bocor, penggantian mata keran yang hilang, perbaikan pintu kios yang rusak, perbaikan paving yang sudah bergelombang dan tertutup material, dan meratakan lahan parkir roda dua.

“Intinya ini kerja bakti dan swadaya OPD Pemkot agar pasar ini lebih indah dan lebih siap lagi untuk ditempati para pedagang nanti,” pungkasnya.***

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.