Kaban Kesbangpol Boltim Jadi Pembicara di Kegiatan FKUB

0 211

BERANDAKOTA – Fera Maria Semow, selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)   Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menjadi salah satu pembicara pada kegiatan dialog dengan tema Moderasi Beragama Untuk Mewujudkan Toleransi  dan Kerukunan Umat.

Kegiatan yang diinisiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Boltim tersebut digelar di Kedai D’Katu Desa Tombolikat, Kecamatan Kotabunan, Kamis (16/06).

Pada kesempatan ini, Fera menyampaikan, bahwa pemerintah sendiri telah menyadari resistensi konflik antar umat beragama sehingga berbagai kebijakan pemerintah telah diterbitkan untuk memperbaiki keadaan.

“Berbagai rambu peraturan telah disahkan agar meminimalisir bentrokan kepentingan antar umat beragama lebih khusus di Bolaang Mongondow Timur,” ujar Fera.

Dikatakannya, pemerintah bersama pemuka tiap agama juga ikut andil dalam menciptakan suasana tentram, termasuk kerukunan antara umat beragama.

“Tri Kerukunan umat beragama diharapkan menjadi salah satu solusi agar terciptanya kehidupan umat beragama nan damai, penuh kebersamaan, bersikap toleran, saling menghormati dan menghargai dalam perbedaan,” kata Fera.

Lanjut Fera, dalam memantapkan kerukunan hidup antar umat beragama sudah tentu harus dibarengi dengan berbagai upaya.

“Salah satu diantaranya,  menciptakan suasana kehidupan beragama yang kondusif, mendukung pembinaan kerukunan hidup intern dan antar umat beragama,” ujarnya.

Dirinya menilai, setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dalam membangun, memelihara, membina, mempertahankan dan memberdayakan kerukunan umat beragama.

“Ketahanan Nasional adalah kondisi dinamis bangsa dan Negara Indonesia dalam segala aspek kehidupan untuk menangkal segala pengaruh dari berbagai hal. Tugas berat ini tidak hanya terletak di tangan pemerintah, penguasa, dan pemimpin negara, melainkan menjadi tugas seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boltim Hi. Aswin Kiay Demak, Wakil Ketua FKUB Hi. Sarkawi Modeong beserta jajaran, para Sangadi, Imam, Pendeta, Gembala, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.