Dinkes Boltim Sampaikan Cegah DBD Degan 3M Plus

0 21

BERANDAKOTA – Jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mencapai 64 kasus, terhitung sejak Januari hingga Agustus 2022.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Saifuddin Gobel mengatakan 64 kasus pasien positif DBD tersebar di 7 kecamatan wilayah Kabupaten Boltim.

“Sebarannya yakni Kecamatan Kotabunan 3 kasus pasien positif DBD, Kecamatan Tutuyan 17, Kecamatan Motongkad 2, Kecamatan Nuangan 2, Kecamatan Mooat 16, serta Kecamatan Modayag 7 dan Kecamatan Modayag Barat 17,” ungkapnya.

Saifuddin juga menuturkan bahwa pihaknya sedang melakukan berbagai langkah untuk pencegahan wabah DBD di Kabupaten Boltim.

“Saat ini kami keluarkan surat instruksi yang akan diberikan kepada seluruh Camat dan Kepala Desa, serta akan fokus pada lintas sektor agar pada setiap hari Jumat, akan melakukan kerja bakti sekaligus melakukan pemberantasan sarang nyamuk,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menurunkan tim kesehatan khusus melakukan fogging di berbagai wilayah Kabupaten Boltim.

“Selain melakukan fogging, kami juga memberikan Abatisasi atau obat untuk membunuh jentik nyamuk, di tempat – tempat saluran air atau penampungan air warga,” katanya.

Saifuddin melanjutkan bahwa di musim penghujan diminta masyarakat dapat melakukan gerakkan 3M Plus yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur atau mendaur ulang barang bekas.

Kemudian, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, gotong royong membersihkan lingkungan, periksa tempat-tempat penampungan air, meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup, memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras, memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar, dan menanam tanaman pengusir nyamuk

“Wabah DBD biasanya akan mulai meningkat saat pertengahan musim hujan, hal ini disebabkan oleh semakin bertambahnya tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk karena meningkatnya curah hujan. Maka penting melakukan 3M Plus agar terhindar dari nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD” pungkasnya. (*/Abax)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.