Dinas Dukcapil Lakukan Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Modayag Barat

0 33

BERANDAKOTA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) mulai melakukan pelayanan jemput bola, dengan membuka pelayanan dokumen administrasi kependudukan di tiap wilayah kecamatan.

Adapun pelayanan dokumen administrasi kependudukan dimulai di Kecamatan Modayag Barat, yang dilaksanakan di kantor kecamatan pada Rabu (31/08/2022).

Kepala Dinas Dukcapil, Subari Manangin, mengatakan pelayanan administrasi kependudukan itu dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dan mendapatkan dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga (KK) dan akta lahir.

Hal itu juga sejalan dengan program mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang digagas orang nomor satu di Kabupaten Boltim, Bupati Sam Sachrul Mamonto S.Sos,. M.Si,.

“Pelayanan semua dokumen kependudukan ini gratis atau tidak ada pungutan biaya sepeserpun,” ujarnya.

Pelayanan di tiap wilayah kecamatan itu dibuka selama tiga hari, atau disesuaikan dengan tingkat kunjungan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

“Setelah tiga hari kemudian masih ada masyarakat yang datang, maka pelayanan tetap kami buka. Setelah itu baru kita bergeser ke kecamatan yang lain,” ujarnya.

Disisi lain, ia berharap kerja sama pemerintah desa untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pelayanan tersebut.

“Kita harap para sangadi dapat menginformasikan kepada masyarakat bahwa ada pelayanan dokumen kependudukan di tiap kantor kecamatan,” harapnya.

Pelayanan dokumen kependudukan di wilayah kecamatan sangat membantu masyarakat terutama yang tinggal di wilayah yang jauh dari ibukota kabupaten, Tutuyan.

“Jadi masyarakat tak perlu lagi ke Tutuyan untuk mengurus dokumen kependudukan, karena sudah ada di tiap kecamatan,” tambahnya.  ***

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.