Hari Ini ANBK Tingkat SMP Se-Boltim Mulai Dilaksanakan

0 216

BERANDAKOTA – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Bolaang Mongondow Timur (Boltim) hari ini mulai dilaksanakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boltim melakukan monitoring dan pengawasan  kegiatan tersebut, Senin (19/09).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Disdikbud Boltim, Yusril Damopolii mengatakan, ANBK merupakan salah satu program evaluasi yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), guna meningkatkan kualitas pendidikan Nasional.

“Evaluasi melalui ANBK dapat mengukur pendidikan baik dari aspek input, proses hingga output pembelajaran di sekolah. Untuk sekarang jadwal tingkat SMP, sedangkan untuk Sekolah Dasar (SD) pelaksanaannya itu bulan depan” kata Yusri.

Yusri pun menambahkan, bahwa ANBK adalah sebuah tahapan dalam rangka monitoring dan evaluasi terhadap kualitas pendidikan disetiap satuan pendidikan, yang selanjutnya akan menggambarkan kualitas pendidikan yang ada disetiap daerah.

“Saya berharap agar setiap sekolah benar-benar mempersiapkan dan melaksanakan ANBK ini dengan semaksimal dan sejujur mungkin, agar akan mampu mengukur secara objektif terhadap kualitas pendidikan, baik dari aspek literasi, numerasi serta daya dukung lingkungan terhadap pelaksanaan pendidikan yang ada di setiap sekolah,” ujarnya.

“Untuk selanjutnya hasil ANBK ini akan tergambar pada raport pendidikan dan raport pendidikan ini akan menjadi indikator dalam perencanaan kepala sekolah dan seluruh komponen untuk menentukan arah dan kebijakan pendidikan pada tahun selanjutnya,” ujar Yusri. ***

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.