Dalam kesempatan ini, Bupati Limi Mokodompit bertindak sebagai Inspektur upacara, sekaligus tabur bunga untuk para pahlawan.

Sementara itu upacara yang diawali dengan laporan komandan upacara kemudian diikuti hormat senjata dan dilanjutkan dengan penghormatan bagi arwah para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan Kemerdekaan republik Indonesia.

Selanjutnya, diakhiri dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM.
Setelah upacara, dilanjutkan dengan tabur bunga yang dipimpin oleh Penjabat Bupati Limi Mokodompit dan Forkopimda.
Adapun turut hadir dalam upacara dan tabur bunga tersebut yakni para asisten, Pimpinan Kepala OPD, ketua DPRD Bolmong, Forkopimda, ketua DPD KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit SM MBA.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM memimpin upacara hari pahlawan di lapangan kantor Bupati.
Dalam amanat Menteri Sosial Tri Rismaharini, dibacakan Bupati Bolmong menyampaikan setiap tahun kita memperingati dan merenungkan kembali dengan penuh sungguh – sungguh dimana demi menemukan kembali jejak para pahlawan didalam hidup kita, sebagai bangsa dan negara yang merdeka.

Ia mengajak untuk kembali menghidupkan perjuangan para pahlawan bangsa, dari pejuang yang gugur dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasan para pahlawan.

Kata Bupati, walau hanya berbekal bambu runcing dengan serempah para pahlawan kita menghadang musuh, dengan melawan persenjataan yang terbaik.

“Rakyat pada saat itu bersatu bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama bersama pengikut dan santri, dari berbagai Nusantara semuanya melebur menjadi satu hanya satu merdeka atau mati,..!!!,”kata Bupati membacakan amanat Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Untuk sekarang ini, Bupati mengatakan kita dalam perjuangan yang besar dimana menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata yang berada dihadapan kita. Terkait pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, kelangkaan pangan, energi dan air bersih.

“Kiranya ini perlu kita persiapkan dengan sungguh – sungguh,” Ujarnya. *

(ADVETORIAL)