RPJMDes Akan di Gelar, Ini Penyampaian Kadis DPMD Kotamobagu

0 123

BERANDAKOTADinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) bagi para Sangadi (Kepala Desa) dan Tim Penyusunan RPJMDes.

Hal ini di ungkapkan, kepala DPMD Teddy Makalalag. Ia menjelaskan, awal tahun ini akan dilaksanakan Bimtek terkait dengan penyusunan RPJMDes kepada Sangadi dan tim penyusun.

“Tentunya, bimtek ini sangat penting untuk dilaksanakan, agar tidak ada kendala dalam penyusunan RPJMDes nanti,” ucaonya, Selasa (17/01/).

Makalalag mengatakan, untuk teknis pelaksanaan akan di laksanakan pada akhir bulan Januari 2023, dan hal ini diperuntukan untuk 15 Desa serta bimtek ini sangat penting dilakukan, sifatnya juga mendesak, karena sesuai ketentuan tiga bulan pasca pelantikan sangadi atau kepala desa maka RPJMDes sudah harus selesai disusun dengan kata lain sebelum tanggal 28 maret 2023 nanti.

“Pihak kami, telah menginstruksikan kepada Pemerintah Desa untuk membentuk tim penyusun RPJMDes. Saat ini, tahapan sudah dilaksanakan rapat awal tim asistensi RPJMDes serta sudah menginstruksikan ke desa-desa agar segera membentuk tim penyusun dan ketika setelah sudah disusun maka kami akan segera melakukan konsultasi dengan pimpinan daerah untuk membuka kegiatan bimtek tersebut,” terangnya.

Lanjutnya, tim penyusun ini akan melibatkan unsur dari Perangkat Desa, BPD, maupun masyarakat.

“Tim penyusun ini melibatkan unsur masyarakat, perangkat desa, BPD, tidak menutup kemungkinan jika desa meminta pada konsultan dari Bapelitbangda agar dapat menjadi narasumber bisa diperbolehkan,” ujarnya. *

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.