Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu Yunita Mokodompit Buka Resmi Kegiatan Sosialisasi Rapat Kordinasi Pengawasan Logistik Pemilu Tahun 2024

0 70

BERANDAKOTABadan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kotamobagu gelar rapat koordinasi (rakor) pengawasan logistik Pemilu 2024 bertempat Hotel Sutan Raja, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kamis (08/02)

Dalam hal ini kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu Yunita Mokodompit S. Sos yang turut dihadiri oleh Ketua KPU Kota Kotamobagu, Mishart A  Manoppo SE.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu, Yunita Mokodompit S sos menjelaskan, distribusi logistik Pemilu 2024 sudah diterima KPU, seperti bilik suara, kartu suara, tinta dan lainnya hingga kini.

“Dan inilah yang harus diperhatikan oleh seluruh anggota Bawaslu di tingkat desa/kelurahan hingga kecamatan agar melaksanakan tugas pengawasannya. Sedangkan  perihal pelanggaran tahapan logistik pemilu 2024 di Kota Kotamobagu, Bawaslu belum menemukannya, ” ucap Yunita.

Adapun pendistribusian logistik Pemilu 2024 masih berlangsung hingga kini. Namun tidak menutup kemungkinan bisa saja ada pelanggaran seperti salah cetak, warna tidak sesuai dan lainnya.

Oleh sebab itu pihaknya  terus berkoordinasi dengan KPU ketika logistik datang ke Gudang yang ada di Kotamobagu.

Yunita menegaskan bahwa ada 3 hal yang harus dikuatkan dalam diri seorang pengawas pemilu, baik Bawaslu hingga kepanjangan tangannya seperti Panwascam, PPL dan lainnya.

Ketiga hal tersebut yakni penguatan SDM, jaringan informasi data serta penguatan kelembagaan. Apabila semuanya dikuasai, maka pelaksanaan pengawasan semua tahapan pemilu akan ikut menguat.

“Logistik pemilu sangat bersifat urgent, sehingga kita sebagai Bawaslu harus ketat dalam mengawasi setiap proses distribusi logistik yang sangat berpotensi terjadinya kecurangan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Kota Kotamobagu, Mishart Acim Manoppo menuturkan bahwa sangat penting untuk melakukan mitigasi sejak awal dalam persiapan pengelolaan distribusi logistik pemilu 2024.

“Pelaksanaanya nanti tidak ada kekurangan dan kendala, sehingga distribusi logistik pemilu dapat berjalan dengan baik, lancar dan aman”tandasnya (fjr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.