Pj. Wali Kota Kotamobagu Raih Penghargaan Bergengsi dalam Musrenbang RPJPD dan Musrenbang RKPD Provinsi Sulawesi Utara

0 40

BERANDAKOTA – Pj. Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si., telah menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJPD) dan Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2025 – 2045 pada Rabu, 24 April 2024. Kegiatan tersebut, yang berlangsung di Hotel The Sentra Manado, Kabupaten Minahasa Utara, tidak hanya menjadi ajang diskusi strategis, namun juga momen penghargaan bagi Kota Kotamobagu.

Dalam sambutannya, Kepala Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Chelsia Paputungan, S.T., M.E., menyampaikan bahwa Pj. Wali Kota Kotamobagu telah menerima sejumlah penghargaan bergengsi dari Pemprov Sulut. Salah satunya adalah Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2024 sebagai Terbaik III dalam kategori Perencanaan dan Pencapaian Daerah Tingkat Kota, serta Penghargaan sebagai Terbaik III dalam kategori Akses Sanitasi Aman. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara, Prof. Dr. (H.C) Olly Dondokambey. S.E.

Penghargaan ini merupakan pengakuan atas capaian signifikan dalam pembangunan daerah, pelayanan publik, kualitas dan konsistensi dokumen perencanaan, serta inovasi daerah. Salah satu inovasi yang menjadi fokus penilaian adalah Si Asri, Sistem Informasi Aman, Simpel, dan Terintegrasi, yang telah menjadi terobosan penting dalam menghadapi era digitalisasi dan implementasi teknologi informasi yang semakin pesat.

Selain itu, Pj. Wali Kota Kotamobagu juga meraih Penghargaan Sensanitasional Award Tahun 2024 dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara atas prestasi Kota Kotamobagu dalam pengelolaan air limbah domestik dan pengelolaan sampah. Acara tersebut juga menjadi momentum bagi Pj. Wali Kota Kotamobagu untuk menerima Penghargaan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara, yang diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia, Meilany. F. Limpar, S.H., M.H.

Pencapaian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam indeks kepatuhan pelayanan publik Kota Kotamobagu, yang pada tahun 2023 mencapai 82,67, dengan predikat zona hijau dan kualitas tinggi. Kabag Orpeg Pemerintah Kota Kotamobagu, Andi Abasi., S.T., menyatakan harapannya agar capaian ini dapat terus ditingkatkan melalui strategi yang melibatkan seluruh perangkat daerah, didampingi oleh Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Utara dan Biro Organisasi Provinsi Sulawesi Utara.

Turut hadir dalam acara tersebut para pejabat dari lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara, memperkuat semangat kolaborasi untuk pembangunan yang lebih baik di masa depan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.