Pj Bupati Bolmong dr Jusnan Calamento Mokoginta MARS Ikuti Rakor Dukungan Pilkada Serentak Bersama Mendagri

0 50

BERANDAKOTA – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), dr Jusnan Calamento Mokoginta MARS, turut serta dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dukungan terhadap Pilkada Serentak yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian secara virtual pada Kamis, 20 Juni 2024.

Rakor ini dihadiri oleh seluruh Penjabat Kepala Daerah se-Indonesia, yang bertujuan untuk memfasilitasi dan mengoordinasikan dukungan terhadap Pilkada Serentak yang dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan sejumlah arahan dan penekanan kepada seluruh Pj Kepala Daerah. Salah satunya adalah pentingnya mematuhi tugas dan wewenang sebagai Pj Gubernur, Bupati, dan Walikota serta membangun sinergitas antar elemen pendukung Pilkada.

“Kita harus bangun sinergitas, mulai dari KPU, Bawaslu, Pemerintah Pusat, Pemda, TNI Polri, Parpol, Paslon, Pers dan masyarakat. Ini kita lakukan untuk keberhasilan Pilkada Serentak 2024,” ujar Mendagri.

Mendagri juga berpesan kepada Pj Kepala Daerah yang mencalonkan diri sebagai gubernur, bupati, atau walikota dalam Pilkada Serentak agar menyampaikan administrasi pengunduran dirinya paling lambat 40 hari sebelum tanggal pendaftaran pasangan calon.

“Tugas rekan-rekan adalah hanya mengisi kekosongan menjelang lahirnya pemimpin yang dipilih oleh rakyat, yang betul-betul ditentukan oleh rakyat. Yang (ingin) ikut running Pilkada saya sudah kirim suratnya tanggal 16 Mei 2024, sebagaimana dijelaskan agar rekan-rekan memberikan informasi melampirkan (surat pengunduran diri) kepada Mendagri 40 hari sebelum tanggal pendaftaran calon,” jelasnya.

Selain itu, Mendagri mengingatkan kepala daerah dan penjabat kepala daerah untuk segera merealisasikan anggaran hibah Pilkada Serentak 2024, menjaga netralitas dan kondusifitas, serta tidak berpihak kepada salah satu partai politik atau pasangan calon Pilkada.

Lebih jauh, Mendagri meminta kepala daerah memberikan dukungan sarana dan prasarana kepada KPU dan Bawaslu, serta memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti Satlinmas dan Satpol PP sebagai petugas ketertiban TPS di Pilkada Serentak 2024.

Pj Bupati Bolmong dr Jusnan Calamento Mokoginta MARS menyatakan bahwa arahan dari Mendagri Tito Karnavian akan ditindaklanjuti. “Kita akan tindaklanjuti, terlebih dalam mensukseskan Pilkada serentak Tahun 2024. Saya juga mengajak TNI-POLRI, instansi terkait serta seluruh komponen masyarakat untuk bergandengan tangan, serta bersatu demi keamanan, kelancaran, dan kesuksesan Pilkada 2024,” pungkasnya.

Usai rapat koordinasi dengan Mendagri Tito Karnavian, Pj Bupati dr Jusnan Calamento Mokoginta MARS langsung melakukan rapat dengan Forkopimda. Dalam rapat tersebut, dibahas kelancaran, keamanan, dan kesuksesan pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut para asisten serta OPD terkait di lingkup Pemkab Bolmong. Pada rapat Forkopimda turut hadir Kapolres Bolmong AKBP Arianto Salkery, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Fahmil Harris, Ketua DPRD Welty Komaling, dan unsur terkait lainnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.