Serentak di 4 Kecamatan, KPU Kota Kotamobagu Laksanakan Coklit untuk Pemilukada Tahun 2024

0 38

BERANDAKOTA – Pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak dilaksanakan hari ini di Kotamobagu Utara. Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kotamobagu Utara memulai kegiatan tersebut dengan mendatangi rumah Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kotamobagu, Yunita Mokodompit, yang berlokasi di Kelurahan Genggulang, Senin (24/06).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan data pemilih yang akurat dan terkini menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang.

Ketua Bawaslu Kotamobagu, Yunita Mokodompit, menyambut baik kedatangan petugas dan memberikan apresiasi atas kerja keras mereka dalam memastikan hak pilih warga terjamin.

“Ini adalah langkah penting dalam proses demokrasi kita. Dengan memastikan data pemilih yang akurat, kita dapat menjamin setiap suara dihitung dan setiap warga negara mendapatkan hak pilihnya,” ucap Yunita Mokodompit.

Heriana Amir, Komisioner KPU Kotamobagu sekaligus Kepala Divisi Perencanaan Data dan Informasi, menambahkan bahwa dalam proses tahapan coklit, evaluasi dilakukan dua hari sekali dan satu minggu sekali.

“Progres pencoklitan itu sudah satu freme dari 15 kabupaten/kota itu sama, jadi tidak ada perbedaan antara Kotamobagu dengan kabupaten lainnya,” kata Heriana Amir.

Proses Coklit melibatkan verifikasi data pemilih yang sudah terdaftar serta penambahan data bagi warga yang belum terdaftar sebagai pemilih. PPDP dan PPK bekerja sama dengan Bawaslu untuk memastikan tidak ada data yang terlewat atau tidak akurat.

Ketua PPK Kotamobagu Utara, Miranti Manangin, menyampaikan bahwa kegiatan Coklit serentak ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi warga dalam pemilu serta mengurangi potensi masalah terkait data pemilih.

“Kami mengajak seluruh warga Kotamobagu Utara untuk berpartisipasi aktif dalam proses ini. Jika ada petugas yang datang ke rumah, mohon bantuannya untuk memberikan informasi yang diperlukan,” ujarnya.

Dengan dimulainya Coklit serentak ini, diharapkan semua pihak dapat bekerja sama demi suksesnya Pemilu yang akan datang, memastikan proses demokrasi berjalan dengan lancar dan transparan.

Penulis

(Fajar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.