Wakil Wali Kota Kotamobagu Ikuti Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

0 587

BERANDAKOTA – Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan mewakili Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, bersama para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Kotamobagu, mengikuti upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HKN) ke-113, secara virtual di aula rumah dinas Wali Kota Kotamobagu.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate, bertindak langsung sebagai Inspektur upacara pada peringatan HKN ke-113 tersebut.

Dalam sambutannya Ia menyampaikan bahwa 113 tahun lalu, perhimpunan Boedi Oetomo meletakkan dasar-dasar kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia.

Tiga hal penting yang dicetuskan Boedi Oetomo, pertama cita-cita untuk memerdekan kemanusiaan, kedua memajukan nusa dan bangsa, dan ketiga mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Tiga hal di atas merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi, dan senantiasa diterapkan dalam konteks zaman,” katanya.

Dikatakannya lagi bahwa peringatan HKN saat ini sejatinya dapat menjadi dasar untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh.

“Bangkit, kita bangsa yang tangguh. Tema ini mengingatkan bahwa semangat kebangkitan nasional mengajari kita untuk selalu optimis menghadapi masa depan, kita hadapi semua tantangan dan persoalan. Bersama-sama kita sebagai pewaris ketangguhan bangsa ini, yang mana tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Johnny menyampaikan bahwa HKN ini menjadi dasar dalam membangun kesadaran untuk bergerak mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia.

“Hari kebangkitan Nasional membuat semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan golongan,” katanya.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.