Pemkot Kotamobagu Gelar Konsultasi Publik Bahas P-RPJMD Tahun 2019-2023

0 340

BERANDAKOTA- Pemerintah Kota Kotamobagu hari ini Kamis (18/03/2019) menggelar Konsultasi Publik terkait penyusunan Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (P-RPJMD) tahun 2019-2023 bertempat di Aula Kantor Bappelitbangda.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sitti Rafiqah Bora, SE. Dalam sambutannya Ia mengatakan, bahwa perubahan dokumen perencanaan ini dikarenakan terjadinya pandemi Covid-19 sehingga perlu dilakukan refocusing anggaran.

“Hal itu antara lain penanganan bidang kesehatan, jaring pengaman sosial, penanganan dampak ekonomi dan operasional gugus tugas,” katanya.

Secara substansi, ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN tahun 2020-2024 sehingga perlu diselaraskan dengan arah kebijakan nasional dan fokus pembangunan nasional.

Sementara itu, akademisi Noldy Tuerah, selaku tenaga ahli perencanaan menjelasan bahwa Perubahan RPJMD Kota Kotamobagu perlu dilakukan dikarenakan terdapat kesenjangan kualitas pelayanan/pelaksanaan pendidikan dasar dan kesehatan berdasarkan Standard Pelayanan Minimal (SPM), capaian kebutuhan untuk infrastruktur dasar (air bersih, sanitasi, perumahan dan permukiman, dan persampahan).

“Ini belum sesuai target dan belum optimalnya pemanfaatan ketahanan pangan lokal dan Industri pengolahan, serta belum optimal pelaksanaan reformasi birokrasi. Inilah beberapa poin permasalahan yang menjadi focus penanganan nantinya,” katanya.

Senanda dengan itu, Kepala Bappelitbangda Sofyan Mokoginta yang menjadi moderator di acara tersebut menyatakan pentingnya masukan dan arahan dari semua elemen masyarakat yang ada di Kotamobagu baik kalangan internal pemerintah, masyarakat dan swasta guna menentukan arah kebijakan dan prioritas pembangunan yang akan dituangkan kedalam RPJMD Kota Kotamobagu.

“Pemerintah akan lebih fokus dalam menyelesaikan permasalahan yang ada didaerah dan mencapai target pembangunan yang sudah ditetapkan, dengan harapan visi dan misi Wali Kota Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Nayodo Koeniawan, semuanya terwujud” ujar Sofyan.

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dan dihadiri oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Kotamobagu, Budayawan, Akademisi, pelaku usaha, instansi vertikal, tokoh perempuan, tokoh agama dan perbankan yang ada di Kotamobagu. (Cea)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.