Lampaui Prabowo, Anies Teratas Dipilih Anak Muda Jadi Presiden 2024

0 390

BERANDAKOTA–Hasil survei Indikator Politik Indonesia menempatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang terbanyak dipilih anak muda sebagai Presiden 2024.

“Di antara 17 nama, yang paling tinggi secara absolut itu Anies Baswedan di angka 15,2 persen,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dalam rilis Survei Nasional Suara Anak Muda tentang Isu-Isu Sosial Politik Bangsa, Ahad, 21 Maret 2021.

Burhanuddin menjelaskan, dari simulasi 17 nama, secara umum tidak ada yang dominan. Seperti nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga banyak dipilih anak muda sebagai presiden, dengan 13,7 persen. Kemudian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dipilih sebanyak 10,2 persen.

“Bedanya enggak signifikan,” ujarnya.

Survei yang menggunakan telepon ini dilakukan pada Maret 2021, dengan melibatkan 1.200 responden anak muda berusia 17-21 tahun. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan sekitar lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Selanjutnya ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang paling banyak dipilih anak muda sebagai presiden dengan 9,8 persen. Menyusul nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 9,5 persen. Lalu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 4,1 persen.

Sisanya, nama-nama seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua DPR Puan Maharani, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Lalu Kepala BIN Budi Gunawan, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memiliki tingkat keterpilihan di bawah 2 persen.

Merujuk hasil survei yang menempatkan Anies Baswedan di posisi teratas, Burhanuddin melihat ini bisa menjadi kesempatan buat para calon presiden 2024.

“Mendekati anak muda dengan cara mengakomodasi aspirasi dan kepentingan mereka,” ujarnya.

Sebelumnya, survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Indobarometer mencatat ada lima kandidat yang memiliki elektabilitas tertinggi terkait pencalonan presiden 2024.

Hasil survei dari kedua lembaga tersebut dirilis pada periode Februari 2021. Kelima nama tersebut ialah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno.

(*red)

Sumber: tempo.co

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.