Pemkab Boltim Gelar Vaksinasi Massal untuk Lansia

0 300

BERANDAKOTA–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar vaksinasi massal untuk lanjut usia (lansia), serta pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat yang dilaksanakan di Rumah Sakit Pratama Modayag, Dewa Sumberejo, Sabtu (10/4).

Kegiatan ini merupakan program pemerintah pusat melalui daerah yang dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Boltim dalam rangka mencegah dan menekan angka penyebaran COVID-19.

“Program vaksinasi massal ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2020. Untuk Boltim sendiri yang menjadi skala prioritas adalah masyarakat lanjut usia, guru sekolah dan bupati beserta jajarannya. Karena sekolah sudah mau dibuka, sehingga para guru seluruhnya wajib divaksin,” kata Kepala Dinkes Boltim, Eko Marsidi.

Lanjut Eko, kegiatan pelayanan kesehatan ini rencananya akan berlangsung selama dua hari terhitung sejak 10 sampai 11 April 2021.

“Pelaksanaannya di tiga wilayah kecamatan, masing-masing di Kecamatan Modayag, Kotabunan dan Nuangan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) dari Kementerian Kesehatan Roy G.A Massie mengatakan, Indonesia sudah melakukan tahapan dan percepatan penyuntikan vaksinasi kepada masyarakat. Untuk lansia diutamakan dan untuk umur produktif menunggu giliran berikutnya.

“Pemkab Boltim merupakan yang pertama kali di Sulawesi Utara yang melakukan vaksinasi massal kepada lansia. Vaksin ini mahal harganya, juga aman dan halal. Makanya masyarakat diharapkan segera mengikuti program vaksin Sinovac ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang sempat hadir dan langsung menyaksikan vaksinasi massal di Boltim.

“Sudah seribu lebih masyarakat yang divaksin, dan tingkat kesadaran masyarakat sangat tinggi. Selain itu, dari Kemenkes dan para dokter yang datang ke sini menyaksikan langsung vaksinasi massal bagi lansia. Mereka mengecek pelayanan kesehatan, infrastruktur rumah sakit yang baru diresmikan dan melihat ketersediaan tenaga medis di Boltim. Dengan adanya ini, kami berbangga karena Boltim yang pertama kali melakukan vaksinasi massal se-Sulut,” kata bupati.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.