Dinkes Boltim Pacu Langkah-langkah Strategis dalam Penanggulangan Stunting

0 238

BERANDAKOTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus melakukan langkah-langkah strategis, untuk menunjang kesehatan masyarakat.

Langkah-langkah Dinkes untuk menunjang kesehatan masyarakat diantaranya, intervensi spesifik dan intervensi sensitif sebagai langkah konkrit dalam penanggulangan stunting.

“Langkah konkrit dalam penanggulangan stunting mulai dari 1000 HPK serta optimalisasi fasilitas kesehatan tingkat pertama, untuk mempercepat akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan,” kata Kepala Dinkes Boltim, Eko Marsidi, Selasa (26/10).

Dijelaskan Eko, pelaksanaan aksi konvergensi stunting dilakukan melalui pelaksanaan 8 aksi yang terdiri dari analisis situasi, rencana kegiatan, rembuk stunting, peraturan bupati, pembinaan kader pembangunan manusia, sistem manajemen data, pengukuran dan publikasi data serta melakukan review kinerja pelaksanaan program kegiatan.

“Saat ini, kabupaten Boltim sementara menjalankan aksi tujuh, yakni pendataan (Pengukuran dan Penimbangan) dan publikasi, setelah sebelumnya telah selesai melaksanakan Sistem Manajemem Data,” ujarnya.

Eko menambahkan, berbagai kemajuan bidang kesehatan di Kabupaten Boltim selama ini, tidak terlepas dari peran berbagai pihak.

“Termasuk peran serta lintas sektor dalam upaya penurunan stunting,” ujarnya.(*ryn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.