Hujan dan Angin Kencang Melanda Wilayah Kabupaten Boltim, Bupati Ingatkan Siaga dan Waspada

0 27

BERANDAKOTA – Cuaca ekstrim sedang melanda wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Ada sebagian wilayah yang mengalami hujan setiap saat mulai dari siang hingga malam hari.

Bahkan ada juga wilayah yang mengalami hujan sepanjang hari tanpa terlihat matahari, dan malamnya terjadi angin kencang.

Salah satunya di wilayah Nuangan Selatan Kecamatan Nuangan, Kabupaten Boltim.

Sebagaimana disampaikan warga setempat, Yusdi Mamentu bahwa ditempatnya khusus Desa Nuangan Selatan, dari pagi sampai malam selalu terjadi hujan.

“Tadi malam sekitar pukul 00.30 WITA hingga menjelang sholat subuh, angin sangat kencang terdengar di luar rumah. Alhamdulillah, belum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama,” ujarnya dikonfirmasi Senin, 21 Februari 2022.

Ia juga berharap semoga cuaca ekstrim ini, cepat berakhir.

“InsyaAllah cepat berakhir. Terlebih angin kencang yang sempat menakutkan warga,” ungkapnya.

Terkait adanya cuaca ekstrim ini, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto meminta kepada seluruh masyarakat untuk siaga, dan waspada dengan cuaca ekstrim yang terjadi saat ini.

Bahkan perlu ditingkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan masyarakat terhadap cuaca ekstrim saat ini.

Yang mungkin, menurutnya bisa berpotensi mengalami bencana alam.

“Diimbau kepada seluruh masyarakat Boltim agar selalu siaga dan waspada terhadap cuaca ekstrem yang berpotensi terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan gelombang tinggi,” kata Bupati.

Namun dilihat dari status BMKG khusus wilayah Provinsi Sulawesi Utara, cuaca ekstrim terjadi hampir sebagian besar wilayah.

Bahkan status peringatan cuaca pun disampaikan melalui web resmi BMKG bahwa peringatan dini “WASPADA POTENSI HUJAN SEDANG HINGGA LEBAT YANG DAPAT DISERTAI KILAT/PETIR DI WILAYAH KEP TALAUD, BOLMONG, BOLMONG UTARA, KOTAMOBAGU, MANADO, MINAHASA UTARA, BITUNG, MINAHASA SELATAN DAN MINAHASA TENGGARA”

Peringatan dini tersebut disampaikan BMKG lewat halaman web resminya khusus wilayah Provinsi Sulawesi Utara untuk prakiraan cuaca pada Senin, 21 Februari 2022.***

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.