Peringati HUT Bolmong ke-68, DPRD Gelar Rapat Paripurna

0 29

BERANDAKOTA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar rapat paripurna dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bolmong ke-68, Rabu (23/3).

Paripurna HUT ke-68 Kabupaten Bolmong tersebut dilaksanakan di Gedung DPRD Bolmong, dipimpin langsung Ketua DPRD Welty Komaling.

Welty dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya bersama seluruh Anggota DPRD memberikan apresiasi terhadap prestasi-prestasi yang telah ditorehkan Kabupaten Bolmong dibawah kepemimpinan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk.

“Atas nama pimpinan dan segenap Anggota DPRD kami menyampaikan apresiasi atas prestasi yang telah ditorehkan Pemerintah Daerah,” kata Welty.

Beberapa capaian yang berhasil dilakukan Pemerintah Kabupaten Bolmong pada tahun 2020, disebutkan, salah satunya yakni penghargaan atas pengelolaan keuangan dengan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara.

Rapat paripurna itu, dihadiri Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, jajaran Forkopimda, serta para undangan lainnya.

Welty juga mengungkapkan bahwa DPRD Kabupaten Bolmong terus bersinergi dalam rangka pembangunan Bolmong ke depan.

“Semoga rumusan program bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat dan memberikan dampak bagi perekonomian di daerah ini,” ucap Welty.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua stakeholder yang telah berpartisipasi dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bolmong.

Dalam perjalanan pembangunan daerah, dijelaskan, Kabupaten Bolmong serta daerah-daerah lain telah mengalami hambatan akibat pandemi Covid-19. Bencana tersebut, telah menyebabkan perlambatan pembangunan di beberapa sektor, antaranya penurunan produktivitas dan melemahnya daya beli masyarakat.

Untuk menghadapi situasi pandemi Covid-19 tersebut, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow mengungkapkan, pihaknya telah berupaya maksimal memberikan layanan vaksinasi bagi masyarakat.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, menyampaikan ucapan selamat HUT ke-68 kepada seluruh komponen masyarakat di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow,” ujar Bupati.

Menurutnya rapat paripurna ini menjadi sangat istimewa, ketika seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow, mampu mengingat dan mengevaluasi setiap waktu yang telah dilewati dengan penuh perjuangan untuk mencapai kehidupan dan masa depan yang lebih baik lagi.

Dampak Pandemi Covid-19, namun pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bolaang Mongondow sebaliknya mengalami pertumbuhan plus, dari 0,98% di tahun 2020, naik menjadi 3,87% di tahun 2021.

Hal itu tidak mempengaruhi produksi pertanian di Kabupaten Bolaang Mongondow. Pada tahun 2021 lalu, sektor pertanian telah memproduksi sebanyak 378.654 ton gabah kering giling. Bahkan Kabupaten Bolmong tetap menyandang predikat daerah lumbung beras, sekaligus daerah penyuplai terbesar komoditi beras di Provinsi Sulawesi Utara.

Di sektor kelautan dan perikanan, produksi perikanan tangkap pada tahun 2021 lalu, ditargetkan sebanyak 11.260 ton, dengan realisasi sebanyak 10.931 ton.

Kebijakan pembangunan Kabupaten Bolaang Mongondow, salah satunya diarahkan untuk pencapaian tujuan pembangunan dalam bidang pendidikan, karena pendidikan sebagai modal penting dalam pembangunan, dan menjadi salah satu skala prioritas yang diutamakan. Hal tersebut dapat kita lihat dari pencapaian indeks pembangunan manusia yang terus mengalami peningkatan setiap tahun. Pada tahun 2020 lalu indeks pembangunan manusia di Kabupaten Bolmong berada di angka 67,89 dan mengalami kenaikan sebesar 0,27, sehingga pada tahun 2021 lalu menjadi 68,16.

Demikian juga untuk kasus gizi balita buruk saat ini berada pada posisi nol persen atau sudah tidak ada lagi kasus gizi balita buruk sebagaimana yang dilaporkan oleh 18 Puskesmas.

Dari segi investasi dan penanaman modal, pemerintah daerah bersama DPRD, telah banyak menghadirkan investor yang telah menanamkan investasinya di daerah ini, yang akan membuka peluang dan lapangan kerja bagi masyarakat. Yakni PT Kawasan Industri Mongondow yang tidak lama lagi pembangunannya akan segera dimulai.

“Melalui rapat paripurna ini juga, saya atas nama pemerintah menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD, kepada seluruh jajaran pemerintah daerah dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa,” pungkas Yasti. (Advetorial)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.