DPRD Boltim Gelar Bimtek Terkait Penguatan Fungsi Perencanaan dan Pengawasan

0 21

BERANDAKOTA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait penguatan fungsi perencanaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahaan daerah, bertempat di Hotel Abadi Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY), 24-26 Maret 2022.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Ketua DPRD Boltim Fuad Landjar SH, didampingi Wakil Ketua Medy Lensun ST dan Muhammad Jabir.

Dalam sambutannya, Fuad menyampaikan, penguatan peran lembaga legislatif di era saat ini adalah suatu keharusan guna menumbuhkan kesadaran serta peran nyata yang manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.

“Peran dan fungsi DPRD dalam perencanaan pembangunan daerah cukup besar. Salah satunya pembentukan Perda, terutama berkaitan dengan APBD dan Perencanaan pembangunan atau RPJMD. Dimana, berbagai rancangan Perda tersebut harus dibahas bersama antara pihak eksekutif dalam hal ini kepala daerah dan legislatif,” ujarnya.

Ia mengatakan, DPRD juga memiliki peran signifikan dalam melakukan evaluasi pembangunan daerah dalam rangka menentukan nilai maupun pentingnya suatu kegiatan, program atau kebijakan.

“Fungsi-fungsi ini diharapkan bisa berjalan efektif untuk menjamin agar pemerintah daerah bisa menjalankan program sesuai dengan rencana dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” kata Fuad.

Fuad mengungkapkan, seiring berubahnya arah kebijakan otonomi daerah ke arah yang lebih baik maka perlu adanya upaya penguatan secara total terhadap sistem, kelembagaan dan individu.“Olehnya sebagai wakil rakyat sudah seharusnya kita meningkatkan peran secara aktif dengan mengawasi jalannya pemerintahan daerah dengan sebaiknya,” tuturnya” ujarnya.

“Untuk itu melalui Bimtek ini, saya harapkan akan diperoleh hasil atau tindaklanjut secara konkrit sehingga dapat digunakan sebagai masukan dalam pelaksanaan dan perumusan program atau kegiatan di tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya. (Advertorial)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.