Bupati Sachrul Mamonto Sampaikan Ini Saat Pembukaan Latsar CPNS Golongan II dan II Pemkab Boltim

0 164

BERANDAKOTA – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Resmi menggelar Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II dan golongan III Tahun 2022, Senin 11 Juli 2022.

Kegiatan tersebut digelar di SMK Yadika Bolaang Mongondow, dalam dalam pembukaannya dibuka secara resmi olej Bupati Sam Sachrul Mamonto (SSM).

Dalam sambutannya SSM mengatakan, agar para CPNS agar menjaga integritasnya saat sudah menjadi PNS sepenuhnya nanti.

“Saya ingatkan integritas sangat penting ketika kalian sudah menjadi PNS, dimana integritas menyangkut kejujuran dan tanggung jawab kalian, dengan adanya kejujuran kalian tidak akan berani melakukan hal-hal yang menyimpang, contohnya korupsi dan lain sebagainya,” ucap Sachrul.

Sachrul juga menambahkan bahwa dalam kegiatan ini Latsar ini diharapkan dapat membentuk mental para CPNS menjadi lebih bertanggung jawab serta bisa menjadi abdi negara yang baik.

“Dengan tetap mengendepankan trimatra ASN yang menjadi dasar daripada pengabdian serta selalu mencintai bangsa, negara dan daerah,” pungkasnya

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim, Rezha Mamonto mengatakan,  bahwa pelaksanaan Latsar akan berlangsung selama 51 hari kerja atau selama 511 JP materi.

“177 JP dilaksanakan selama 18 hari kerja di tempat penyelenggaraan Latsar. 320 JP paling singkat 30 hari kerja dilaksanakan di Unit Kerja masing-masing peserta, dan kembali lagi 14 JP selama 3 hari kerja dilaksanakan di tempat penyelenggaraan Latsar,” terang Rezha.

Rezha menyebutkan, pelaksanaan Latsar diikuti sebanyak 87 CPNS yang dinyatakan lulus pada seleksi penerimaan CPNS Formasi Umum golongan II dan Golongan III Formasi Tahun 2019.

“Rinciannya 65 peserta golongan III, 22 Peserta Golongan II yang dibagi dalam tiga angkatan, masing-masing Golongan Ill Angkatan pertama 33 peserta Angkatan kedua 32 peserta dan Golongan II berjumlah 22 peserta,” sebutnya.

Adapun pemateri dalam pelaksanaan kegiatan ini tambah Rezha, dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulawesi Utara dan Pemkab Boltim.

Dimana tambahnya, struktur kurikulum Latsar CPNS yang akan diberikan terdiri dari kurikulum pembentukan karakter PNS serta kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas.

“Struktur kurikulum yang dimaksud mencakup agenda sikap perilaku bela negara, agenda nilai-nilai dasar PNS, agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI serta agenda habituasi,” sebutnya.

“Anggaran kegiatan dibebankan pada APBD DPA Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,” sambungnya lagi.

Pembukaan Latsar ditandai penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Bupati Sam Sachrul Mamonto kepada sejumlah perwakilan CPNS Boltim.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.